Corak Batik Khas Madiun yang Mulai Langka

0 135

Corak Batik Khas Madiun yang Mulai Langka

Ada banyak sekali motif batik di Indonesia. Saking kayanya, hampir semua daerah memiliki corak batiknya tersendiri. Pada akhirnya batik menjadi identitas bagi tiap daerah. Meski begitu, tetap saja hanya beberapa daerah yang disebut daerah penghasil batik. Sebut saja Yogyakarta, Solo, Cirebon dan tentunya Pekalongan. Meski begitu, walaupun tidak berada di daerah utama penghasil batik. Corak-corak batik yang berasal dari kota-kota diluar daftar diatas juga punya keragaman batiknya tersendiri. Salah satunya adalah Madiun. Sebuah kota dan kabupaten yang terletak di provinsi paling timur Pulau Jawa.

Semua tahu jika Madiun adalah daerah yang dianugeragi pemandangan yang cantik. Daerah ini dikelilingi oleh banyak perbukitan juga beberapa gunung seperti Gunung Wilis dan Gunung Lawu. Bukan cuma itu, Madiun juga dipagari oleh pegunungan Kendeng yang terletak dibagian utara. Kecantikan alam itulah yang pada akhirnya menjadi inspirasi bagi para pengrajin batik di daerah Madiun untuk menuangkan buah karyanya diselembar kain dan jadilah batik Madiun. batik yang tentu punya kekhasan tersendiri dan tesemat cantik untuk digunakan pada berbagai kesempatan.

Corak Batik Khas Madiun yang Mulai Langka

Lalu, ada motif batik Kenongo. barangkali tak banyak orang yang tahu soal batik ini. Sebab bisa dibilang corak ini sudah termasuk corak batik yang langka. Menurut sebuah laman di Internet mengabarkan jika pengrajin batk kenongo di Madiun ini hanya tersisa satu orang saja. Akan sangat disayangkan jika motif batik ini benar-benar punah. Sebab motif batik kenongo sendir menampilkan corak bunga kenangan yang memiliki warna tegas. Batik kenongo sendiri memiliki makna harum ataupun wangi. Meski bermotif bunga, moti ini tetap cocok dipakai oleh pria sekalipun. Sebab memang corak kenongo ini punya kesan sederhana namun tetap elok untuk dipandang.

Source http://www.madiunae.id/ http://www.madiunae.id/kayanya-corak-batik-khas-madiun/
Comments
Loading...