Corak Batik Ciamis

0 157

Corak Batik Ciamis

Batik Ciamis berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Corak Batik Ciamis tidak telalu ramai dan rumit. Motif Batik Ciamis yang sering disebut Ciamisan, memiliki karakter sederhana. Ragam hias Batik Ciamisan bernuansa naturalistik, banyak menggambarkan flora dan fauna serta lingkungan alam sekitar. Motif alam sekitar yang banyak dijumpai dalam batik ciamisan adalah rereng atau lereng. Motif yang menggambarkan tebing miring ini dipengaruhi Motif Parang pada batik Jawa Tengah. Motif lain adalah kumali, berupa empat bentuk yang mengelilingi pusat, dan cupat manggu, motif geometris bergambar buah manggis.

Kesederhanaan corak Batik Ciamis tidak lepas dari sejarah keberadaannya yang banyak dipengaruhi daerah lain seperti ragam hias pesisiran dari Tasikmalaya, Garut, Indramayu dan Cirebon. Selain itu, pengaruh batik pedalaman, seperti dari Solo dan Yogyakarta juga turut andil dalam membentuk karakter warna dan komposisi motif batik Ciamisan. Pengaruh dari wilayah pesisir dan pedalaman yang berpadu dengan nilai-nilai budaya Sunda dan kehidupan sosial sehari-hari masyarakat Ciamis melahirkan ragam Motif Batik Ciamisan yang sesuai dengan gaya dan selera masyarakat setempat, bersahaja tetapi elegant. Motif yang tidak terlalu ramai namun tetap terlihat elegan sehingga Batik Ciamisan sering disebut sebagai Batik Sarian. Motif Ciamis tampil sebagai kain yang kalem, sesuai dengan jiwa masyarakat Ciamis yang tenang dan tidak bergejolak.

Corak Batik Ciamisan tidak memiliki makna filosofi, perlambang, nilai sakral, atau menunjukkan status sosial tertentu. Penciptaan motif atau ragam hias batiknya lebih ditekankan pada ungkapan kesederhanaan untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat. Kesederhanaan itu tertuang dalam bentuk-bentuk yang terinspirasi dari alam sekitar dan kejadian sehari-hari. Motif batik di daerah Ciamis antara lain Rereng Lasem, Parang Sontak, Rereng Seno, Rereng Sintung Ageung, Kopi Pecah, Lepaan, Rereng Parang Rusak, Rereng Adu Manis, Kumeli, Rereng Parang Alit, Rereng Useup, Rereng Jenggot, Rereng Peuteuy Papangkah.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-ciamis
Comments
Loading...