Ciri, Motif, dan Warna Batik Asli Sidoarjo

0 556

Ciri, Motif, dan Warna Batik Asli Sidoarjo

Pada awalnya Batik asli Sidoarjo mempunyai Motif Beras Utah, Kembang Bayem, dan Kebun Tebu. Motif Beras Utah ini terkait dengan melimpahnya bahan pangan terutama padi yang ada di Sidoarjo. Sehingga, dengan penduduk Sidoarjo yang relative kecil waktu itu, kelebihan beras tersebut tentu akan dilimpahkan ke daerah lain. Motif Kebun Tebu ini terkait dengan Sidoarjo yang dulunya dikenal sebagai penghasil gula terbesar. Motif Kembang Bayem ini terkait dengan banyaknya sayuran bayam di daerah pedesaan Sidoarjo. Tanaman tersebut sangat mudah dijumpai di sekitar rumah penduduk, baik yang ditanam maupun yang tumbuh liar.

Dlihat dari segi warna Batik asli Sidoarjo tidak begitu mencolok cenderung berwarna gelap (cokelat) dan motifnya tidak ada yang memakai binatang. Tetapi, karena konsumen kebanyakan masyarakat Madura, maka pengrajin batik Sidoarjo pun mengikuti permintaan tersebut. Sehingga, muncullah warna-warna mencolok seperti merah, biru, hijau, hitam dan sebagainya. Karena itulah, Sidoarjo juga terkenal dengan batik motif Madura.

Dari segi gambar Batik asli Sidoarjo juga berkembang beberapa motif yaitu burung merak dari samping dengan sayap menutup, kupu-kupu, bunga kenongo, kembang bayem dengan latarnya bermotif Beras Utah, Cecekan, dan Sunduk Kentang. Konsumen Batik Sidoarjo juga kebanyakan masyarakat Madura, maka pengrajin Batik Sidoarjo pun mengikuti permintaan pasar. Sehingga, muncullah warna-warna mencolok seperti merah, biru, hitam dan sebagainya. Proses pembatikan masih dikerjakan secara traditional yaitu batik tulis dengan proses pewarnaan menggunakan warna alam.

Batik Sidoarjo memang hampir mempunyai motif dan warna yang hampir mirip dengan batik madura,walaupun demikian batik sidoarjo memiliki pakem tersendiri. Batik Sidoarjo menggunakan warna yang berani dan memperlihatkan ciri khas yang menyolok dan ceria,menjadi trade mark dari Batik Sidoarjo,walaupun tatahan batik kadang terlihat kasar tetapi memiliki nilai artistik tersendiri.Seperti lukisan abstrak beraliran bebas,tidak ada yang membatasi kreatifitas pembatik dalam menoreh canting.

Source Ciri, Motif, dan Warna Batik Asli Sidoarjo Batik
Comments
Loading...