Ciri Khas dari Jenis Batik Tulis

0 122

Ciri Khas dari Jenis Batik Tulis

Batik tulis adalah jenis batik yang dianggap tradisional dan paling baik karena proses pembuatannya melalui beberapa tahap penting. Selain itu, banyak pola ulang yang tidak dapat dijumpai dengan bentuk yang sama persis. Hal ini biasa ditunjukkan dengan adanya sejumlah titik ataupun lengkungan garis. Kekurangan dari batik tulis merupakan suatu kelebihan yang dihasilkan dari pekerjaan tangan. Pada proses pembatikan, sering kali terjadi sebuah gerakan spontan yang tanpa dihitung maupun diperhitungkan lebih rinci.

Biasanya, jenis batik tulis dibuat masal oleh tangan manusia dengan standar ketetapan yang sama. Untuk harga batik tulis sendiri cenderung mahal dari jeni batik lainnya karena batik tulis dianggap spesial dengan adanya faktor pengerjaan tangan secara langsung yang mana sangat dibutuhkan sebuah keahlian serta pengalaman. Tidak hanya itu saja tapi juga dibutuhkan kesabaran, ketelitian, serta waktu yang cukup lama untuk finishing atau penyelesaiannya. Batik tulis yang paling cepat pengerjaanya biasanya akan memakan waktu selama dua minggu. Hal tersebut tentunya dengan dukungan cuaca yang cerah serta desain motif yang tidak terlalu rumit atau biasa saja.

Batik tulis dianggap mempunyai sebuah prestise yang lebih jika dibandingkan dengan batik cap maupun batik print. Oleh sebab itu tidaklah heran jika jenis batik tulis biasa dibandrol dengan harga yang cukup tinggi berdasarkan dengan tingkat kerumitan dalam pembuatannya. Bagi Anda yang belum bisa membedakan antara batik tulis dan batik lainnya, berikut ini beberapa paparan tentang ciri khas batik tulis yang dapat Anda ketahui.

  • Ciri khas pertama dari baik tulis ialah motif satu dengan lainnya tidak bisa simetris karena pembuatannya dilakukan dengan cara manual. Selain itu, untuk ukuran motifnya pun juga tidak bisa sama persis dengan lainnya.
  • Ciri khas kedua batik tulis adalah warna motif pada kain yang dibatik baik depan maupun belakang memiliki kesamaan. Hal ini karena proses pembatikan dilakukan pada kedua sisi kain tersebut.
  • Batik tulis mempunyai aroma yang khas karena menggunakan pewarna alami, seperti kulit kayu teger, daun tom, kulit kayu tingi, dan banyak lainnya.

Demikian ulasan tentang ciri khas batik tulis. Semoga bermanfaat untuk Anda dalam membedakan jenis kain batik

Source https://www.batiknulaba.com/ https://www.batiknulaba.com/blog/news/ciri-khas-dari-jenis-batik-tulis/
Comments
Loading...