Ciri khas Batik Tegal atau Tegalan

0 1.117

Ciri khas Batik Tegal atau Tegalan

Ciri khas yang terdapat pada Batik Tegal didominasi warna cokelat dan biru. Ciri khas lainya adalah berwarna-warni. Batik tulis Tegal atau Tegalan dapat dikenali dari motif gambar atau motif rengrengan besar atau melebar. Motif-motif ini tidak dimiliki oleh kota-kota lain, sehingga motif batik Tegal ini menjadi ciri khas tersendiri. Motifnya banyak mengadopsi dari aneka flora dan fauna disekitar kehidupan masyarakat kota Tegal. Budaya pakaian batik di Tegal dibawa oleh raja Amangkurat 1 (Sunan Amangkurat Mas) dari Keraton Kasunanan Surakarta. Amangkurat yang saat itu menyusuri pantai utara membawa pengikutnya yang diantaranya adalah pengrajin Batik.

Dalam perkembangannya Batik Tegalan dibedakan menjadi 2 motif dasar yaitu ;

  1. Motif klasik, motif klasik inipun dibedakan menjadi dua macam yaitu :
  • Motif Klasik Irengen. Motif ini didominasi oleh warna hitam, cokelat dan biru. motif klasik yang dikategorikan sebagai motif klasik irengan diantaranya adalah motif gribikan, jahe-jahenan, kawung mlinjo, sidomukti ukel, udan liris, ukel wit-witan, kopi pecah, parang, parang angkik, putihan, sawat candra atau sawat ireng, rujak sente, welut gumbel, kecubungan, buntat, kawung endog, manggaran, cempaka putih, cempaka mulya, ukel pyur, semut runtung, serta sidomukti putihan.

 

  • Motif Klasik Bangjo. Motif klasik yang dikategorikan sebagai motif klasik Bangjo adalah motif wadas gempal, jamblangan, gribikan, kawungjenggot, cecek kawe, unian, sokaraja, blarakan, kopi pecah, gribikan, galaran, buntut bajing, semut runtung, beras mawur, tumbar bolong, dan tambangan.

 

 

 

 

 

  1. Motif pengembangan, Motif batik ini merupakan motif yang dipengaruhi tradisi batik lain dalam pembuatan Batik Tegalan. Tetapi meskipun demikian modifikasi Motif Pengembangan ini tidak mengubah karakteristik Batik Tegalan dengan warna-warna terang dan motif flora-fauna nya yang banyak ditemukan di daerah Tegal. Contoh dari motif pengembangan ini yaitu diantaranya motif gedong kosong, manuk emprit, sotong, manuk surwiti, kipas-kipasan, serta kembang kertas.
Source http://fedepkotategal.blogspot.co.id/ http://fedepkotategal.blogspot.co.id/2017/07/ciri-khas-batik-tegal-atau-tegalan.html
Comments
Loading...