Ciri Khas Batik Sleman

0 115

Ciri Khas Batik Sleman

Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan kesempatan bagi masyarakatnya khususnya industri batik untuk megembangkan batik sebagai salah satu identitas dengan menciptakan ciri khas baru serta mengembankan motif batik klasik Yogyakarta supaya dapat menjadi ikon baru dari kabupaten Sleman.

Ciri khas Batik Tulis Motif Sleman saat ini pada motif gambar gajah dengan pewarnaan biru dan merah maron. Pengembangan motif baru meliputi gambar gajah. Sedangkan untuk pewarnaan tetap menggunakan warna alami dengan lebih berani menciptakan komposisi warna. Bambang selaku pemilik industri Batik Nakula Sadewa mengatakan dirinya selama ini terus berupaya memperkenalkan Batik Sleman baik di pasar lokal, nasional dan internasional karena Batik Sleman memiliki ciri khas tersendiri.

Jika selama ini masyarakat mengenal Batik Yogya, Batik Pekalongan atau Batik Solo, maka Nakula Sadewa mulai memperkenalkan batik Sleman. Dengan nama Batik Sleman karena merupakan karya masyarakat Sleman. Bambang menambahkan bahwa pihaknya telah memperkenalkan batik Sleman sejak awal 2002 yang ternyata memiliki prospek cukup bagus.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...