Ciri Khas Batik Sidoarjo Mulai Luntur

0 118

Ciri Khas Batik Sidoarjo Mulai Luntur

Pada mulanya Batik Sidoarjo memiliki ciri khas yang tegas, jelas dan ekspresif serta warna batik cenderung kecoklatan. Batik Sidoarjo mendapat pengaruh dari Batik Madura karena kerap didatangi oleh para pendatang yang berasal dari Pulau Madura, baik yang menetap ataupun yang hanya tinggal sementara waktu. Konsumen Batik Sidoarjo juga kebanyakan masyarakat Madura, maka pengrajin Batik Sidoarjo pun mengikuti permintaan pasar. Sehingga, muncullah warna-warna mencolok seperti merah, biru, hitam dan sebagainya. Tetapi ciri khas Batik Sidoarjo mulai luntur, karena pembatik banyak memasukkan ornamen dari kota lain, karena kebutuhan pasar.

Hanum yang merupakan satu penjual batik di Kampung Batik Sidoarjo menegaskan hal ini, di gerainya. “Seiring berjalannya waktu, motif banyak tapi keaslian batik khas Sidoarjo hilang dengan sendirinya, banyak yang meniru motif batik kota,” kata dia. “Batik Sidoarjo memiliki tekstur lembut, warna tajam. Untuk motif hampir sama. Batik Sidoarjo ini memiliki kecenderungan berwarna merah, biru, hijau dan corak yang menyala. “Batik di sini adanya buat sendiri, ada yang kulakan tapi kalau semuanya buat sendiri lama tidak nutut” Jelas Hanum

Hanum berjualan di kampung batik ini sejak tahun 2007. “Omzet penjualan per bulan Rp 40 juta kotor. Harga batik di sini, dalam kisaran Rp 160 ribu,” jelas Hanum, yang mengatakan, pembeli di kampung batik tidak seramai dulu.

Source Ciri Khas Batik Sidoarjo Mulai Luntur Batik
Comments
Loading...