Ciri Khas Batik Semarang

0 3.057

Ciri Khas Batik Semarang

Batik Semarangan, sama seperti halnya batik pesisiran lainnya yang tidak mengikuti pakem membatik seperti yang ada di wilayah Solo atau Jogja. Sejak jaman dahulu, karakter warga Kampung Batik semarang dalam membuat batik selalu mengedepankan konsep bebas dengan membuat motif batik yang sesuai dengan kreasi atau keinginan mereka sendiri. Pun halnya dengan para pembatik Semarang masa kini, berbekal dengan motif batik yang ada dikembangkan motif batik lainnya yang terinspirasi oleh ikon-ikon yang ada di kota Semarang.

Motif Batik Semarangan setelah digali selama bertahun-tahun kini terdapat berbagai macam motif seperti Motif Peterongan, Motif Gajahmungkur, Motif Blekok Srondol, Motif Parang Asem, Motif Lawang Sewu, Motif Asem Sedompyok dan masih banyak motif lainnya. Motif-motif batik tersebut menggambarkan keadaan Kota Semarang, dan khasanah budaya yang ada di wilayah Kota Semarang. Sama seperti kota-kota lain batik Semarangan terdiri dari tiga jenis seperti batik tulis, batik cap dan batik printing.

Ciri khas batik Semarang karena daerahnya di pesisir corak warnanya cukup berani. Untuk pewarnaan batik Semarang ini selain menggunakan warna sintetis juga menggunakan warna alam yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu mahoni, pohon indigo, dan bahan-bahan alami lainnya. Warna alam ini yang kini sangat digemari kalangan wisatawan mancanegara karena lebih ramah lingkungan.

Source https://semarangpedia.com/ https://semarangpedia.com/kampung-batik-semarang-mulai-bangkit-dan-digemari-kalangan-wisatawan-mancanegara/ https://batik-tulis.com/blog/bagaimana-cara-perawatan-kain-batik-tulis/
Comments
Loading...