infobatik.id

Ciri Khas Batik Paoman

0 25

Ciri Khas Batik Paoman

Batik Paoman merupakan salah satu batik tradisional yang terdapat di daerah Indramayu. Batik ini menjadi sangat khas karena disamping proses pembuatannya yang menggunakan teknik lukis, juga motif-motif yang dihasilkannya pun sangat tegas baik dalam teknik pewarnaan maupun ilustrasi motifnya dan sama sekali berbeda dengan motif batik yang ada di Indonesia.Nama Paoman sendiri merujuk pada sebuah tempat di Indramayu yang memang sebagian besar masyarakatnya sangat mahir membatik.

Ironisnya, keterampilan membatik ini tidak serta merta membuat Batik Paoman ini sudah dikenal secara luas sampai seluruh Indonesia. Disamping nama Batik Paoman, batik ini dikenal juga dengan nama Batik Dermayon yang tergolong beraliran pesisir seperti halnya Cirebon dan Pekalongan. Untuk corak, motif batik Indramayu ini diyakini oleh beberapa ahli dipengaruhi oleh akulturasi kebudayaan dari luar dan beragam unsur seperti kepercayaan penduduknya, lingkungan dan juga adat istiadat setempat.

Batik Dermayon juga memiliki motf lain dari khasnya adalah budaya Arab dengan kaligrafi dan sawat riwe-nya. Untuk unsur-unsur lokal dalam corak batik Dermayon dapat ditemui dalam motif liris yang kental dengan pengaruh Hindu yang di dominasi oleh motif garis miring dan silang, yang dikenal dengan sebutan motif parang atau kawung. Untuk lebih jelas mengenai makna yang terdapat dalam corak.

Source https://algoof.wordpress.com/ https://algoof.wordpress.com/2012/03/24/batik-indramayu/
Comments
Loading...