Ciri Khas Batik Magelang

0 212

Ciri Khas Batik Magelang

Batik Magelang sekarang ini sudah semakin populer seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang berminat dengan kain bercorak khas asli daerah. Meruntut sejarahnya perkembangan batik khas magelang tidak lepas dari budaya kuno dan warisan tradisional yang turun menurun. Batik Magelang memiliki ciri khas tersendir yang tentunya menambah nilai seni dan filosofi yang terkandung dalam setiap goresan motifnya. Dalam proses pembuatannya batik magelang memang tidak jauh berbeda dengan batik dari daerah lain contohnya dari Yogyakarta.

Perlu diketahui Batik Magelang memiliki corak yang sangat khas dengan digunakannya unsur alam dalam penggunaan bahan dan corak besar. Motif kreasi Batik Magelang baik cap maupun tulis mengangkat “tetenger” ikon serta budaya khas yang dikreasikan secara kontemporer, sebagaimana juga dengan ‘Gethuk’ dengan aneka modifikasi klasikal serta bagian-bagian tanaman ketela pohon. Menara air sebagai bangunan kuno yang menghiasi alun-alun kota. Simbol Pakuning tanah jawa, bunga kantil, burung kepodang, buah pala, bayam serta jago menghiasi motif rejeng, kawung, sekar jagad ataupun motif lainnya tanpa meninggalkan nuansa dan jiwa etnikal.

Tidak kalah menarik, batik yang berasal dari Kecamatan Gunung Pring, Kabupaten Magelang. Motif batik yang ada selalu mengandung unsur alam, dari Motif Pegunungan, daun, pohon bambu, kayu dan sebagainya. Kemudian ada juga batik dari Kecamatan Borobudur. Batik dengan Motif Candi Borobudur itu bahkan menjadi pakaian wajib dikenakan para pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur. Bahan yang digunakan pun sangat beragam dan semuanya berasal dari bahan alami.

Source http://www.magelangonline.com/ http://www.magelangonline.com/batik-khas-magelang/
Comments
Loading...