Ciri Khas Batik Madura Asli

0 8.803

Madura, kota yang dikenal sebagai kota karapan sapi dan kuliner sate Madura yang sudah merajalela di pelosok nusantara, ternyata menyimpankan kekayaan seni nusantara yang tinggi. Sebagaimana Anda ketahui batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Batik adalah kekayaan Indonesia yang tak terbantahkan keindahannya sehingga berbagai daerah di Indonesia terus mengembangkan batik. Anda pasti sudah mengenal berbagai jenis batik, seperti batik Solo, Pekalongan, Yogyakarta dan daerah lainnya. Batik dari setiap daerah memiliki kekhasannya tersendiri, begitu juga batik Madura.

Kemunculan batik asli Madura memang belum banyak diketahui khalayak luas. Namun batik dari Madura tidak bisa dipandang sebelah mata sebab kualitasnya sangat tinggi. Batik asli Madura pun memiliki sejarah yang membuat keunikan dan keindahannya semakin terasa berbeda dari batik jenis lain. Sejarah batik dari Madura ini tak lepas dari peran Kerajaan Pemelingan di Pamekasan, Madura. Pada abad ke 16 dan 17 Masehi, terjadi perang di Madura antara Raden Azhar melawan Lesap. Konon saat itu Raden Azhar mengenakan pakaian kebesarannya yang bercorak batik yang bermotif parang. Sejak saat itu batik pun diperkenalkan di wilayah Madura.

Sejak saat itulah Madura memiliki batik sebagai salah satu warisan budaya lokal yang nyatanya saat ini begitu dilirik oleh masyarakat luas bahkan masyarakat dunia. Batik Madura merupakan batik tulis yang dibuat dengan bahan alami, kainnya pun berkualitas sehingga semakin lama dipakai warnanya justru tidak pudar, tapi terlihat semakin cerah. Kebanyakan batik dari Madura memilih warna-warna yang cenderung cerah dan tajam seperti merah, biru dan hijau. Bahan pewarnanya pun dari bahan alam yang mana tingkat ketebalan warna tergantung pada lamanya proses perendaman.

Setiap motif batik pasti dibangun dari peradaban masyarakat setempat atau masyarakat sekitarnya yang menghasilkan corak berbeda pada setiap ukiran batik pada kain. Namun untuk batik Madura cenderung lebih dipengaruhi oleh budaya asing, yaitu China karena saat itu banyak penduduk Tionghoa yang mendiami Madura. Selain warna cerah yang dijadikan ciri khas, motif garis pun menjadi dominasi khas setiap desain kain batik. Motif dari setiap kain batik pun tidak dibuat asal-asalan, setiap motif dalam selembar kain memiliki makna berbeda yang mana pada dasarnya.

Pada dasarnya, kain batik dari Madura menceritakan kehidupan sehari-hari masyarakat Madura. Semua unik dan langka. Kebanyakan ragam corak batik dari Madura berasal dari motif hewan, tumbuhan serta kombinasi dari keduanya atau disesuaikan dengan selera dari pengrajin. Warna-warna terang dan berani merupakan ciri khas batik Madura dari orang-orang pesisir. Sedangkan masyarakat Madura pedalaman lebih memilih corak yang klasik dan warna-warna soft atau redup. Keduanya sama-sama memiliki kualitas yang bagus dengan dominasi corak garis.

Namun seiring perkembangan zaman, para pengrajin batik dari Madura pun mengembangkan motifnya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga bisa diterima oleh semua kalangan. Pemilihan motifnya pun disesuaikan dengan mode saat ini, namun ciri khasnya tak tertinggal yaitu dengan dominasi warna merah pada bunga, hijau pada daun atau tangkai. Warna dan corak batik dari Madura saat ii lebih variatif. Tak heran jika berbagai kalangan banyak yang mengincar batik dari kota karapan sapi tersebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukainya.

Bagi Anda yang mencari batik asli Madura bisa langsung saja datang dan beli di Madura. Tapi dari pada susah-susah dating langsung ke Madura, terutama Anda yang berasal dari luar daerah sebaiknya kunjungi saja toko online batikuniq.com. Toko batik tersebut merupakan toko online ternama yang menyediakan berbagai macam pakaian batik asli Madura. Kualitas barangnya pun tak perlu diragukan sebab kain yang dijual benar-benar batik tulis asli. Toko ini sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai wilayah di pelosok negeri. Jadi Anda tidak perlu khawatir berbelanja disini.

Sering perkembangan zaman dan modifikasi corak batik Madura, banyak pengamat batik yang bilang bahwa motif atau corak batik dari Madura hampir sama dengan batik Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan daerah lain. Memang tidak dipungkiri, hal demikian terjadi sebab bagaimana pun juga motif batik ini terbawa pengaruh oleh silsilah keluarga raja-raja Mataram yang berhubungan baik dengan keluarga pembesar kerajaan Madura. Tak heran jika batik dar Madura ini banyak digemari oleh para pecinta batik dari dalam dan mancanegara. Luar biasa sekali bukan kekayaan budaya negara kita.

Batik Madura merupakan karya seni tinggi hasil cipta rasa karsa dan karya manusia yang dibuat dengan sepenuh hati. Karena ukiran corak yang tergores pada setiap kain dibuat dari hasil pemikiran dan perasaan mendalam dari sang pengrajin. Oleh sebab itulah, batik tersebut terlihat begitu istimewa. Keindahan batik ini membuat para desainer fashion berlomba-lomba membuat tren fashion dengan kain batik. Seperti atasan batik, rok batik, gamis batik, jaket batik, cardigan batik, mukena batik dan sebagainya. Semua bisa dibuat dengan kain batik. Kini batik telah bertransformasi menjadi fashion berkelas dan penuh estetika.

Nah, pada toko batik uniq ini Anda bisa menemukan berbagai gaya fashion terkini dengan identitas batik Madura yang asli dan unik. Motif batik yang dijual pun tidak pasaran karena hasil goresan tangan para pengrajin yang sepenuh hati. Anda dapat menemukan berbagai tren fashion terkini pada toko batikuniq.com. Toko ini selalu berupaya menjunjung tinggi kepuasan pelanggan sehingga pelayanan kepada pelanggan selalu dioptimalkan. Selain itu, proses pembelian pada toko tersebut terbilang cepat, mudah dan memuaskan.

Batik Uniq juga menyediakan berbagai motif kain batik dari Madura yang berasal dari berbagai pelosok Madura seperti batik Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, Sampang. Semuanya memang asli dari Madura. Disana Anda bisa memilih dengan mudah, tersedia gambar yang jelas, selain itu terdapat pula keterangan gambar dari batik tersebut dan harga yang ditawarkan. Memang untuk ukuran harga, terbilang mahal sebab kualitas batik tulis memang tidak bisa disamakan dengan batik cap, batik printing. Maklum saja jika batik biasa harganya murah, karena proses pembuatannya tidak serumit batik tulis.

Keindahan dan keunikan batik Madura sudah tidak diragukan lagi oleh mancanegara. Dengan begitu, sebagai warga Indonesia kita wajib berbangga diri dengan budaya tradisional yang dikenal hingga manca negara. Jika orang luar negeri saja begitu mencintai karya seni negara ini, sudah sepantasnya kita sebagai warga negara yang baik mulai melestarikan kearifan lokal negara kita. Maka dari itu, mari kita gunakan batik nusantara, khususnya batik dari Madura ini.

Sudah saatnya kita mencintai produk dalam negeri dengan menggunakan batik Madura ini. Jika bukan kita siapa lagi yang mau melestarikan dan membeli karya anak bangsa. Batik dari Madura sudah selayaknya mendapat perhatian khusus dari masyarakat luas. Keindahan batik dari kota yang terkenal dengan satenya ini tidak boleh diabaikan. Pokoknya tidak hanya kualitas kain, corak kain batik dari Madura sungguh menawan.

Comments
Loading...