Ciri Khas Batik Kendal

0 560

Ciri Khas Batik Kendal

Batik khas Kendal memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan Batik Kendal berbeda dengan batik daerah lain. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan Motif Batik Kendal sangat pesat. Batik Kendal memiliki motif flora maupun fauna yang beragam sesuai dengan potensi daerah masing-masing di Kabupaten Kendal. Batik Kendal yang pada awalnya diciptakan oleh H. Syafi’i yakni Motif Bunga Melati dan Batik Abangan (warna merah). Pada perjalanan perkembangannya Motif Batik Kendal banyak mengalami perubahan dari segi motifnya, bahan yang digunakan dan warna Batik Kendal itu sendiri.

Motif Bunga Melati memiliki makna kesucian yang melambangkan daerak tempat tinggalnya (Kaliwungu) adalah tempat religi, banyak kegiatan-kegiatan keagamaan, dan terdapat beberapa makam wali tokoh agama yang menyebarkan agama islam di Kendal. Selain Motif Melati, ciri kedua dari batik yang diciptakan pertama kali oleh H. Syafi’i adalah khas warna merah. Merah itu sendiri memiliki makna sesuai yang sudah diceritakan pada paragraf sebelumnya.

Dengan seiring berjalannya waktu, warga setempat mulai tertarik untuk ikut menekuni usaha batik seperti yang dilakukan H. Syafi’I dengan makin bertambahnya pengrajin di Kendal, makin banyak pula kreasi dan inovasi dari setiap pembatik. Para pembatik mulai meninggalkan usaha membatiknya dengan beralih bekerja di perusahaan. Disitulah Batik Kendal mulai hilang di pasaran. Tidak ada satupun yang tetap melanjutkan usaha membatiknya termasuk H. Syafi’i yang meninggalkan usaha membatiknya dikarekan faktor usia.

Source http://lib.unnes.ac.id/28185/1/5401410127.pdf
Comments
Loading...