Ciri Khas Batik Kebumen

0 440

Ciri Khas Batik Kebumen

Batik memang sudah meyatu dengan warga masyarakatnya. Hal ini terbukti dari keberadaan batik yang bisa dijumpai hampir diseluruh wilayah Indonesia. Salah satu wilayah yang menghadirkan batik dengan khas daerahnya adalah kebumen. Wilayah yang berada di Jawa Tengah ini memiliki batik dengan karakteristik khas yang unik, bersahaja dan berfilosofi tinggi.

Ciri khas dari Batik Kebumen adalah penggunaan warna yang bisa muncul hingga empat warna dalam satu kain. Pemakaian empat warna dalam satu kain ini tentu sangat berbeda dengan batik di daerah lainnya yang umumnya memang hanya menggunakan maksimal dua warna. Empat warna yang seringkali di gunakan pada batik Kebumen hingga menjadi ciri khas antara lain warna biru tua, biru muda, hijau, dan hitam.

Dalam beberapa kasus ciri khas dalam warna pada Batik Kebumen ini memperlihatkan penggunaan batik dengan warna yang gelap. Tentu hal ini juga menjadi pembeda dari batik-batik lain terutama batik pesiisr yang cenderung bewarna cerah.

Kebumen juga punya ciri khas yaitu penggunaan motif sederhana yang selalu menampilkan keseharian. Meski sederhana, namun motif pada batik kebumen ini memiliki nilai filosofi yang tinggi. Dengan penggunaan warna yang lebih muda, Motif Batik Kebumen juga bisa merujuk pada model pesisiran. Uniknya, daerah batik Kebumen yang terletak di lereng bukit dan dekat juga dengan dunia pantai, membuat muncul perpaduan diantara keduanya.

Source Ciri Khas Batik kebumen Batik
Comments
Loading...