Ciri Khas Batik Kamoro

0 1.050

Ciri Khas

Batik Kamoro merupakan salah satu batik Papua yang memiliki ciri khas yaitu motifnya yang asimetris, berbeda dengan batik Jawa walaupun pembatik dikirim berasal dari Jawa. Motif-motif patung di kain batik Kamoro ini terkadang memiliki perbedaan, mulai dari gaya, ekspresi patung, baju atau aksesoris. Dalam motif Kamoro biasanya didukung dengan motif tumbuhan-tumbuhan khas Papua atau budaya-budaya yang ada di Papua terutama dari suku Kamoro.

Dilihat dari warnanya, batik motif Kamoro ini memiliki warna-warna yang cenderung lebih berani dan cerah. Misal kombinasi biru dan hijau, hitam dan kuning, merah dan merah muda dan sebagainya. Sehingga lebih memanjakan mata dan unik untuk dipakai.

Batik Kamoro masih akan terus mengalami pengembangan hingga sekarang. Banyak sekali model-model baru batik Kamoro yang dikombinasikan dengan penemuan-penemuan baru kebudayaan di Papua. Tentu tidak hanya kain, Batik kamoro ini banyak berupa kemeja, gaun bahkan bed cover.

Teknologi pengerjaan batik ini cenderung tertinggal dibandingkan dengan pengerjaan batik di Jawa, jika di Jawa sudah memiliki batik tulis dan batik cap, di Papua masih cenderung menggunakan batik tulis dengan canting. Batik Kamoro terpengaruh dari berbagai sisi, dari segi budaya suku Kamoro itu sendiri, pengaruh Batik Jawa yang dibawa oleh para pembatik jawa serta budaya-budaya dari wisatawan asing atau warga asing yang berkunjung atau bekerja di sana.

Secara tidak langsung batik Kamoro memiliki beberapa fungsi sekaligus, mengembangkan budaya suku Kamoro dari berupa Ukiran dan pahatan menjadi kain batik, mengenalkan budaya Papua kepada orang asing, dan sebagai media bagi warga Papua untuk menunjukkan kreatifitasnya dalam seni busana batik. Harapannya batik Papua ini bisa dikenal semakin luas ke seluruh pelosok negeri dan dunia internasional.

Source Ciri Khas Batik Kamoro Batik
Comments
Loading...