Ciri Khas Batik Jember Dan Filosofinya

0 1.534

Ciri Khas Batik Jember dan Filosofinya

Sebagaimana halnya batik-batik dari daerah lain di Indonesia, Jember juga memiliki corak dan ciri khas yang berbeda sekaligus unik dari batiknya. Ciri khas corak yang ditunjukkan oleh Batik Jember bukan hanya memperlihatkan keindahannya saja sebagai karya seni, melainkan juga menunjukkan nilai filosofis tertentu yang berkaitan dengan identitas budaya di Kabupaten Jember.

Beberapa pilihan corak batik yang sangat terkenal di Jember adalah batik bermotifkan daun tembakau. Seperti yang kita ketahui dalam artikel sebelumnya, Kabupaten Jember adalah salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan hasil tembakaunya yang berkualitas tinggi. Kualitas tembakau Jember bahkan sangat diminati di berbagai negara di dunia.

Kedekatan masyarakat Jember dengan tembakaunya yang khas begitu sangat melekat di kehidupan masyarakat sehari-hari. Hampir di setiap hajatan tertentu, seperti nikahan, tahlilan, syukuran dan sebagainya, tembakau senantiasa hadir sebagai salah satu jamuan kepada tamu. Oleh karena itulah, kedekatan masyarakat Jember terhadap tembakau memberikan semacam pengaruh terhadap batik khas Jember.

Produksi kain Batik Jember masih menggunakan cara tradisional, yakni dengan dilukis. Meskipun ada juga sebagian yang menerapkan sistem cetak (sablon), namun sisi orisinalitas dari batik tulis memberikan nilai yang sangat tinggi bagi batik Jember.

Masyarakat Jember juga kerap memproduksi kain batik dengan Motif Tanaman lainnya, seperti Ornamen Daun Kopi, Buah Naga, dan sebagainya. Sama halnya dengan tembakau, kopi dan buah naga juga termasuk hasil pertanian yang cukup terkenal di Jember. Ciri khas kekayaan alam inilah yang menjadi inspirasi lahirnya motif kain batik di Jember.

Sebagai bentuk untuk dapat melestarikan kebudayaan Batik Jember, Pemerintah Kabupaten setempat telah mewajibkan para siswa sekolah, pegawai negeri dan swasta untuk menggunakan pakaian Batik Jember di hari-hari tertentu. Selanjutnya juga dengan mengadakan pemilihan Duta Batik Jember setiap tahunnya. Hal ini tentu saja untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat atas identitas budayanya sekaligus memperkenalkan batik Jember kepada para wisatawan.

Untuk dapat memiliki berbagai pilihan kain Batik khas Jember, bisa mendatangi beberapa gerai batik di Kecamatan Sumberjambe. Kecamatan ini memang dikenal sebagai pusatnya Batik Jember, karena banyak masyarakat disana yang kesehariannya adalah sebagai pengrajin Batik Jember.

Source Ciri Khas Batik Jember dan Filosofinya Batik
Comments
Loading...