Ciri Khas Batik Ceplok Kembang Kates

0 439

Ciri Khas Batik Ceplok Kembang Kates

Ciri khas bentuk Motif Batik Ceplok Kembang Kates berbentuk segi empat melambangkan arah mata angin. Karena sebagai manusia harus tahu betul arah mata angin, mana yang baik dan mana yang tidak baik dalam pengabdian, ini berkaitan dengan ajaran Hindu yaitu Catur Purusa Artha terdiri dari tiga kata yaitu catur yang berarti empat, purusa yang berarti hidup dan artha yang berarti tujuan. Jadi catur purusa artha artinya empat tujuan hidup.

Ada 4 bagian dalam catur purusa artha yaitu Dharma, Artha, Kama, dan Moksa. Dharma adalah halhal yang baik harus dilandasi dengan segala sesuatu yang baik atau positif, artha dalam bahasa sansekerta diartikan tujuan. semua orang butuh harta atau keinginan yang baik agar berguna dan bermanfaat, kama adalah keinginan untuk memperoleh kenikmatan (wisaya), moksa adalah pelepasan atau putus hubungan.

Melepaskan diri dari ikatan-ikatan duniawi agar menyatu dengan Tuhan. Di dalam pembuatan Motif Batik Ceplok Kembang Kates, perajin Motif Ceplok Kembang Kates tidak mengambil seluruh komponen pepaya melainkan hanya pada biji dan bunga lalu digubah menjadi motif satu kesatuan dalam desain melalui visualisasi yang terus disempurnakan. Karena yang dianggap paling penting di dalam tanaman adalah biji dan bunga.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...