Ciri Khas Batik Banten

0 2.269

Ciri Khas Batik Banten

Batik Banten merupakan kerajinan batik yang berasal dari Provinsi Banten. Kearifan lokal yang tersisa dari pusat kerajaan pemerintah Islam Kesultanan Banten, telah mewarisi berbagai benda-benda kuno yang mempunyai ragam khas dan unik. Berbagai kajian tentang pemanfaatan ragam hias khas Banten telah ditransformasikan dan didesain ke dalam media kain katun dan sutra yang disebut batik Banten. Batik ini kaya akan muatan filosofi yang mengandung arti dalam setiap motif yang diambil dari toponim. Inilah tatanan aset yang menjadi ciri khas Batik Banten tersebut. Batik Banten itu sudah masuk di kancah internasional, bukan karena bentuk dan tatanananya saja, melainkan juga ciri khas yang dimiliki oleh Batik Banten.

Ciri Khas Batik Banten :

  • Motif diambil dari artefak (motif purbakala) oleh arkeolog.
  • Warna cenderung abu-abu soft yang menandakan karakter orang banten, hal ini disebabka karena air yang mengandung zat besi tinggi yang artinya cita-cita, ide dan kemauan yang tinggi namun tetap memiliki perangai yang kalem.
  • Memiliki filosofi. Setiap motif memiliki makna dan membingkai sejarah budaya banten.
  • Batik banten merupakan batik tertua dari demua batik yang ada di Indonesia, bahkan ada yang berusia 8-10 abad.
  • Batik Banten tidak terpengaruh oleh agama.

Batik Banten telah mengalami proses panjang hingga akhirnya diakui di seluruh dunia. Batik Banten memiliki identitas tell story (motifnya bercerita) memiliki khas tersendiri, karena beberapa motifnya diadopsi dari benda-benda sejarah (artefak). Inilah tatanan aset yang menjadi ciri khas Batik Banten tersebut.

Source Ciri Khas Batik Banten Batik Batik Banten
Comments
Loading...