Ciri Khas Batik Aceh

0 2.512

Motif Batik Aceh terlihat unik dan khas karena menggunakan unsur alam dan budaya Aceh dalam paduan warnanya. Warna yang digunakan pada Batik Aceh lebih dominan pada warna-warna yang cerah seperti merah, kuning, hijau, merah muda, dan warna cerah lainnya. Keberanian memainkan warna itulah yang memberikan kesan unik pada kain batik Aceh. Pengaruh Islam yang kuat pun tercermin pada bentuk sulur, melingkar, dan garis pada tiap motif.

Untuk batik di daerah aceh, pada jaman dulu ratusan tahun lalu masyarakat Aceh memakai kain batik, ketika datangnya orang-orang dari pulau Jawa ke Aceh. Untuk motif batik aceh memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat aceh sendiri.

Seperti halnya batik dari tanah Jawa, kain batik Aceh juga memiliki makna dan filosofi luhur kehidupan di setiap motif batiknya. Beberapa motif batik Aceh diantaranya motif pintu Aceh, motif tolak angin, motif batik bungong jeumpa, motif batik awan meucanek, motif batik rencong, motif batik awan berarak, motif gayo Aceh, dan motif batik pucok reubong.

Source Ciri Khas Batik Aceh J&J Batik Batik Indonesia
Comments
Loading...