Ciri dalam Motif dan Warna Batik

0 444

Ciri dalam Motif dan Warna Batik

Dari setiap kota yang memiliki seni batik di dalamnya pasti memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat batik. Ciri batik bisa ditemui dalam berbagai jenis motif dan juga warna-warna yang umum dipakai oleh para pembuat batik dari kota tersebut. Beberapa ciri khas tersebut ada yang merupakan pengaruh dari pihak luar atau bisa juga bangsa asing yang datang ke Indonesia pada zaman dahulu ketika mereka hendak melakukan hubungan dagang dengan bangsa Indonesia.

Para pendatang kemudian memberikan beberapa ciri tersendiri baik itu dalam hal motif atau bisa juga memberikan ciri dalam hal warna. Pengaruh seperti ini dapat ditemui dengan mudah dalam batik yang dibuat oleh para seniman batik yang berada di daerah pesisir pantai Pulau Jawa. Motif yang dipengaruhi oleh kebudayaan asing ini banyak yang masih bertahan dan terus dibuat oleh para seniman batik karena memang berbagai macam motif tersebut memiliki peminat yang cukup banyak dan masih banyak yang mencari motif batik dengan jenis tersebut.

Setiap kota memiliki ciri tersendiri yang menyebabkan batik dapat dengan mudah dikenali dari jenis warna dan juga bentuk motif yang ada pada kain baju batik tersebut. Hal ini juga dapat kita temui dalam batik yang berasal dari kota Bantul yang terletak di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa ciri khas batik yang berasal dari Kota Bantul ini yang dapat dengan mudah diantaranya adalah batik yang dibuat pada umumnya lebih banyak memakai kain yang dibiarkan tetap berwarna putih atau dengan kata lain batik yang berasal dari kota ini banyak yang menggunakan dasaran warna putih pada kain batik yang dibuat.

Source Ciri dalam Motif dan Warna Batik Batik
Comments
Loading...