Ciri – Ciri Batik Madura

0 27

Ciri – Ciri Batik Madura

Ada beberapa yang menilai batik Madura memiliki kesamaan dengan batik Jogja. Hal ini bisa saja terjadi, karena adanya hubungan kekeluargaan antara keluarga raja di Mataram dengan para pemangku kedudukan di kerajaan di Madura seperti kerajaan Bangkalan yang berada di bawah kepemimpinan raja Cakraningrat I.

Mirip dengan motif batik Jawa pada umumnya seperti batik Jogja, batik Pekalongan, dan batik Solo, batik Madura juga cenderung memiliki warna – warna berani seperti merah, kuning, biru, dan hijau. Warna – warna tersebut dihasilkan dari bahan pewarna soga alam yang alami seperti mengkudu dan tingi.

Tingkatan ke-terang dan ke-gelapannya sebuah kain batik Madura biasanya ditentukan dengan lamanya perendaman sebuah kain. Proses perendamannya sendiri bisa memakan waktu 1 sampai 3 bulan. Perendaman yang lama ini juga agar kain batik Madura bisa bertahan lebih lama.

Untuk motif batik Madura sendiri biasanya berbentuk motif – motif dari binatang, tumbuhan, dan juga kreasi para pengrajinnya. Batik Madura dipengaruhi oleh 2 jenis batik yaitu batik plesiran yang cenderung memiliki warna dan motif yang berani dan batik pedalaman yang memiliki motif bergaya klasik dan berwarna gelap dan kalem.

Demikianlah pengertian batik tulis, sejarah batik tulis dan juga beberapa jenis batik tulis menurut daerah asalnya. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk share di semua sosmed jika dirasa bermanfaat.

Source http://khairunnas.com/ http://khairunnas.com/pengertian-batik-tulis/
Comments
Loading...