Cirebon Inspirasi Bagi Perkembangan Batik Jabar

0 38

Cirebon Inspirasi Bagi Perkembangan Batik Jabar

Pertumbuhan industri batik khas di ‘Kota Wali’ Cirebon bisa dijadikan inspirasi bagi kota dan kabupaten lain di Tanah Air, khususnya Provinsi Jabar. Terutama, untuk mengembangkan industri batik khas daerahnya masing-masing. “Batik Cirebon dapat menjadi model dan inspirasi bagi perkembangan industri batik di Jawa Barat,” kata Wagub Jabar Deddy Mizwar. Batik Cirebon telah berkembang bagus. Keberadaan Batik Trusmi sebagai sentra industri batik yang tidak hanya dikenal masyarakat Cirebon dan Jabar, tetapi mancanegara. Bahkan, kata Deddy, kekhasan motifnya menjadi salah satu faktor batik Cirebon berkembang dengan baik dan telah mempunyai pasar dalam negeri hingga mancanegara.

Kekhasannya itu telah menjadi keunggulan tersendiri dari Batik Cirebon. Motif batik khas Cirebon yang cukup terkenal di antaranya Mega Mendung dan Awan Berarak. Motif itu hasil karya kreativitas masyarakat dan pengusaha batik Cirebon. Motif batik Cirebon memiliki makna kehidupan dan alam semesta yang luas serta ketuhanannya. Faktor lain yang menunjang berkembangnya batik Cirebon di Jabar yakni infrastruktur yang memadai sepanjang jalan Pantura, dan transportasi kereta api yang memiliki dua jalur rel.

Sarana jalan Pantura dan jalur kereta api dua jalur itu telah menjadikan batik Cirebon berkembang secara signifikan. Bahkan Batik Cirebon, akan semakin berkembang ketika Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka dan proyek sejumlah tol telah beroperasi. Dibandingkan dengan batik-batik seperti di Garut, Pangandaran, maka Cirebon kelihatannya lebih cepat berkembang. Ini pun karena jalur infrastrukturnya sudah bagus.

Source http://republika.co.id/ http://republika.co.id/berita/koran/kabar-jabar/14/10/03/ncv54c-cirebon-inspirasi-bagi-perkembangan-batik-jabar
Comments
Loading...