Cerita Rakyat Jadi Motif Batik

0 167

Cerita Rakyat Jadi Motif Batik

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan batik kepada anak-anak. Diantaranya, dengan menciptakan motif batik cerita rakyat. Hal inilah yang dilakukan oleh para pengrajin batik di Cilandak, Jakarta Selatan. Mereka membuat motif batik dari cerita anak, dengan maksud memperkenalkan batik secara dini kepada anak-anak. Disamping itu juga bertujuan untuk melestarikan cerita rakyat.

Pemilik Batik Pohon, Suroso mengatakan bahwa motif batik dari kisah cerita rakyat, terutama cerita anak-anak di lukis di atas kain. Proses pembuatan batik berbahan pewarna alami tersebut setelah melukis gambar cerita di atas kertas, kemudian dilukis di atas kain dan dilanjutkan dengan pewarnaan.

Tujuan utama pengembangan motif adalah mengenalkan batik lewat cerita rakyat kepada anak-anak. “Kami berharap lewat kreasi ini anak-anak bisa mencintai batik, sekaligus melestarikan batik sebagai warisan dunia asal Indonesia,” ucapnya.

Beberapa cerita rakyat yang dapat dijadikan motif batik seperti cerita rakyat Jawa Tengah, Timun Mas, Joko Kendil. Cerita-cerita rakyat dari daerah lainpun dapat dikembangkan sebagai kreativitas dalam industri batik.

Source https://www.covesia.com/ https://www.covesia.com/lifestyle/baca/2240/cerita-rakyat-jadi-motif-batik
Comments
Loading...