Cerita Batik Rifaiyah Batang Membuat Gubernur Jateng Merinding

0 60

Cerita Batik Rifaiyah Batang Membuat Gubernur Jateng Merinding

Namanya Batik Rifaiyah. Asalnya dari Batang, Jawa Tengah (Jateng). Seperti batik lainnya, makna filosofis terkandung pada batik yang dikagumi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Batik Rifaiyah pada dasarnya bermotif batik tiga negeri yang memiliki detail padat. Tak mengherankan bila harga batik tersebut cukup mahal. Pemburu batik itu tak hanya berasal dari dalam, tetapi juga luar negeri.

Ketua Kelompok Tunas Harapan Batik Rifaiyah Miftakhutin, beberapa waktu lalu mengatakan, batik Rifaiyah merupakan warisan dari nenek moyang keturunan Syekh KH. Ahmad Rifai dari Desa Kali Pucang Wetan, Kecamatan Batang.

Menurut sejarah, proses pembuatan batik ini sebagai media untuk syiar agama Islam pada zaman dahulu. Ada ritual yang biasa dijalankan sebelum membatik, yakni dengan salat Duha terlebih dahulu. Membatiknya sering kali diiringi kidung syair berbahasa Jawa dan Arab yang berisi nasihat kepada manusia dan lingkungan alam semesta.

Batik Rifaiyah sudah mengalami akulturasi batik dari daerah lain. Di antaranya, batik Lasem yang dominan warna merah, batik Solo dominan warna cokelat, dan batik Rifaiyah sendiri yang dominan warna biru indigo. Dari pencampuran tadi, memunculkan jenis batik baru yang diberi nama batik tiga negeri khas Rifaiyah dan sudah dikembangkan turun-temurun.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3657364/cerita-batik-rifaiyah-batang-yang-bikin-gubernur-jateng-merinding?source=search
Comments
Loading...