Caroline Rika Gelar Workshop Batik Simbut

0 34

Caroline Rika Gelar Workshop Batik Simbut

Caroline Rika Witana, seniman perempuan Yogyakarta yang intens dengan media tekstil, menggelar workshop Batik Simbut di Genetika Art Space, Green Host Hotel, Jl Prawirotan II Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari projek pameran Temu Rose yang digagas oleh Kelompok Akar Tumbuh beranggotakan lima seniman perempuan yakni Caroline Rika Witana, Dona Prawita Arissuta, Fitri Setyaningsih, Lelyana Kurniawati serta Nadiyah Tunnikmah.

Dalam workshop ini Rika, sapaan akrab Caroline Rika Witana memberikan materi tata cara membuat Batik Simbut yang merupakan tradisi masyarakat Suku Badui Banten. Menurut Rika proses pembuatan Batik Simbut tergolong mudah sehingga sangat pas bagi para pemula yang ingin belajar membatik.

“Batik Simbut tidak menggunakan malam batik untuk melintang warnanya. Tapi menggunakan bubur yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula merah. Namun pada perkembangannya kini ditambahi tawas sebagai bahan pengawet,” jelas ibu satu anak itu.

Meski begitu, lanjutnya, secara teknik pembuatan Batik Simbut sama dengan teknik batik pada umumnya. Pertama, menggambar motif di atas kain putih. Setelah jadi gambar tersebut lalu diolesi bubur. Setelah kering kemudian diwarnai dengan menggunakan kuas. Dan bubur yang mengering lalu dibersihkan dengan cara dicuci.

“Tak hanya cocok bagi pemula namun Batik Simbut juga aman untuk dipelajari aman karena Batik Simbut termasuk kategori batik dingin dan bahannya tidak menggunakan lilin panas,” ungkap lulusan Jurusan Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta itu

Karena prosesnya yang sederhana tak heran jika workshop ini banyak mendapatkan respon positif dari masyarakat. Tak hanya para pelaku UMKM, namun workshop ini juga diikuti oleh mahasiswa dan karyawan. “Memang cocok untuk UMKM yang memproduksi batik dengan motif-motif sederhana dan batik lukis,” papar perempuan asal Bandung itu.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/07/28/caroline-rika-gelar-workshop-batik-simbut/
Comments
Loading...