Carmanita Ciptakan Pewarna Batik dari Limbah Pasar

0 28

Carmanita Ciptakan Pewarna Batik dari Limbah Pasar

Batik merupakan salah satu jenis wastra Nusantara yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Kehadiran batik kini telah menjadi pasar besar bagi pengrajin dan desainer.

Dari peluang tersebut mereka memanfaatkan banyak inovasi terbaru guna memberi daya tarik tersendiri. Hal ini pula yang melatarbelakangi desainer Carmanita. Belum lama ini, wanita kelahiran tahun 1956 tersebut melakukan terobosan dengan membuat pewarnaan batik dari sisa limbah pasar.

Carmanita pernah membuat pewarnaan batik dari sisa limbah pasar dan itu kerja sama dengan Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Jerman. Sekitar 6 juta euro mereka menyiapkan dana untuk IKM (Industri Kecil dan Menengah) Indonesia membuat batik.

Dia menambahkan, inovasi tersebut merupakan binaan dari Jerman. Itu karena Jerman sudah tidak lagi mengeluarkan pewarna tekstil berbahan kimia yang dianggap dapat menyebabkan pemanasan global.

Perlu diketahui, Jerman sendiri sudah tidak mengeluarkan pewarna teksil berbahan kimia karena menyebabkan global warming. Jadi, selama ini kita dapat pewarnaan tekstil dari China dan India yang bahannya kimia. Sementara limbah-limbah pasar yang  digunakan untuk pewarna alami, seperti sisa sayur dan buah yang telah busuk. Selanjutnya, limbah-limbah tersebut diolah menjadi pewarna batik. 

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/847831-carmanita-ciptakan-pewarna-batik-dari-limbah-pasar
Comments
Loading...