Cara Untuk Lestarikan Batik Giriloyo

0 242

Cara Untuk Lestarikan Batik Giriloyo

Batik merupakan salah satu kerajinan tangan yang mempunyai nilai filosofi yang tinggi. Apresiasi dari masyarakat yang tinggi membuat sejumlah sentra batik masih bertahan. Sebagian dari mereka ada yang berkembang, termasuk sentra kerajinan Batik Tulis Giriloyo yang ada di Imogiri Kabupaten Bantul. Sebagai apresiasi terhadap perkembangan Batik Bantul. Pada tanggal 1 Juli 2012 digelar Mahakarya Batik Bantul 2012. Tempatnya, berada di tengah sawah di daerah Babadan Bantul.

Ketua Panitia Mahakarya Batik Bantul 2012 Windu Baskoro mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud sumbangsih terhadap batik Bantul. Desainer dan pengrajin batik Giriloyo dan pengrajin batik Bantul diajak untuk kegiatan tersebut. Tidak hanya pagelaran saja, tetapi dibuat koperasi bagi pembatik di Bantul yang telah usai dibentuk pada bulan Juni 2012 di Gazebo Batik Giriloyo dan tercatat sekitar 24 pengrajin dan tokoh Batik Tulis di wilayah Bantul sebagai pendirinya.

Pada  acara Pagelaran Maha Karya  Batik Bantul, ada 10 paguyuban batik yang digandeng. Termasuk juga menggandeng desainer yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) DIJ untuk menampilkan karya busana batik Bantul ini.  Project Officer APPMI DIJ Philip Iswardono mengatakan, pagelaran di Mahakarya Batik Bantul 2012 ini menjadi satu acara pra fashion tendance untuk prediksi tren busana tahun depan. Pada pagelaran tersebut, 19 desainer dipastikan bergabung, di mana setiap desainer membawa lima karya busana dengan bahan dari Batik Giriloyo dan Batik Bantul  dengan berbagai motif.

Even ini bertepatan dengan acara APPMI DIJ, yaitu fashion tendance. Ketua APPMI DIJ Lia Mustafa mengatakan, batik merupakan warisan adiluhung yang patut dilestarikan. Kegiatan ini diharapkan menjadikan pembatik di Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul bisa dikenal luas dan meningkat dari sisi ekonomi.  Harapannya, kegiatan ini berlanjut. Karena banyak motif batik Bantul yang memiliki ciri khusus dengan motif-motif Klasiknya untuk Batik di Giriloyo seperti Sido Mukti, Sido Asih, Wahyu Temurun, Kokrosono dan motif-motif galaran serta grinsingnya untuk Batik-batik Bantul.

Source https://batiksk.wordpress.com/ https://batiksk.wordpress.com/2012/07/02/lestarikan-batik-giriloyo-2/
Comments
Loading...