Cara Sederhana Merawat Kain Jumputan

0 365

Cara Sederhana Merawat Kain Jumputan

Kain jumputan yang sangat identik dengan unsur tradisional ini memang dikenal sebagai salah satu jenis kain yang memiliki nilai seni cukup tinggi. Bahan kain yang diwarnai dengan teknik jumputan ini tidak akan sama persis antara satu dengan lainnya. Kain jumputan atau lebih sering disebut sebagai kain tie-dye (ikat celup) ini proses pembuatannya hanya dilakukan dengan mengikat-ikat kain menggunakan benang, tali, ataupun karet lalu mencelupkannya ke dalam bahan pewarna.

Dalam proses pembuatan kain jumputan, benang, tali, ataupun karet yang digunakan untuk mengikat kain secara umum memiliki fungsi yang sama seperti halnya malam batik yaitu untuk menutup bagian tertentu dari kain yang tidak ingin di beri pewarna pada saat pencelupan.

Karakteristik dan proses pembuatan kain jumputan yang terbilang cukup eksklusif dan berbeda dengan bahan kain lainnya membuat kain jumputan ini tidak dapat diperlakukan seperti kain biasa. Sebab kesalahan sedikit saja dalam proses pencuciannya bisa melunturkan motif jumputannya. Berikut cara merawat kain jumputan dengan benar agar tidak merusak kain :

  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya cuci kain jumputan dengan teknik handwash. Hindari penggunaan detergen berbahan keras serta pelembut pakaian. Sebagai gantinya gunakan lerak untuk mencuci kain jumputan.
  • Saat mencuci kain jumputan jangan mengucek atau memerasnya terlalu kuat, cukup diangkat dan dicelup-celupkan saja.
  • Untuk membersihkan bagian yang terlihat kotor, gunakan jari anda untuk menggosoknya dengan gerakan yang lembut hingga noda tersebut terangkat.
  • Bilas kain jumputan dengan air bersih kemudian keringkan dengan cara menggantungnya di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Setelah kering jangan menyetrika kain jumputan dengan setrika biasa, sebaiknya gunakan hand steamer untuk melicinkan dan merapikan kain jumputan.
Source Cara Sederhana Merawat Kain Jumputan Batik
Comments
Loading...