Cara Menyimpan Batik Koleksi 1000 Kuno

0 30

Cara Menyimpan Batik Koleksi 1000 Kuno

Kini kita belajar dengan Hartono sumarsono yang menkoleksi batik sudah sejak lama pada tahun 1983 , beliau dulu membantu jual batik di Tanah Abang.kolektor batik ini lahir di Cirebon jawa barat pada tahun 1953. Kata pak Hartono dengar dengar batik mulai bisa hilang dari budaya negara kita yang sudah klaim oleh negara asing. oleh karena itu mulai koleksi batik mptif kuno yang sekarang tidak dapat lihat tempat lain.

Sejak Hartono cari motif pada tahun 1850 motif motif yang kuno bahkan yang unik dari Banyumas , Perkalongan , Lasem , Tegal dan kudus.Batik yang paling lama dikoleksinya yaitu batik kota lasem pada terkuno. Pak Hartono cara menyimpan batik koleksi 1000 kunonya dengan cara sangat lembab disimpan pada ruangan AC dengan temperatur 20 sampai 22 derajat pada 24 jam.batik koleksinya disimpan meskipun dengan cara melipat warna dan bentuk tidak akan rusak.

Beliau bekerjasama dengan para pengrajin sekitar 40 mulai dari jateng , perkalongan yang umurnya sekitar 18 sampai 60 tahun dengan produksi motif kunonya. jenis batik tulis ini tidak membuat terlalu banyak. pada 2 bulan dapat membuat batik sekitar 12 – 13 potong batik. setiap motf ini dengan harapannya 20 jenis batik atau lebih. Beliau bilang keindahan batik akan jadikan pengetahuan mengenai batik yke seluruh publik terutama pada generasi muda.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/cara-menyimpan-batik-koleksi-1000-kuno
Comments
Loading...