Cara Menggunakan Lilin Malam dalam Membatik

0 149

Cara Menggunakan Lilin Malam dalam Membatik

Penggunaan lilin malam untuk batik merupakan satu langkah paling penting karena lilin malam inilah yang menjadikan sebuah proses membatik benar-benar dapat disebut membatik. Lilin malam yang digunakan dalam proses membuat batik gunanya untuk menghindarkan bagian kain yang tidak ingin terkena cairan pewarna baik pewarnaan menggunakan obat napthol maupun remasol dan lain-lain.
Membatik perlu menggunakan lilin malam karena biar bagaimanapun, dalam selembar kain batik yang bagus selalu melewati proses pembatikan yang salah satu bahan terpentingnya yaitu lilin malam tersebut. Dalam proses membuat batik tulis maupun batik cap, lilin malam merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan mengingat fungsinya yang memang sangat penting yaitu untuk menutup bagian kain yang tidak ingin kita beri warna tertentu. Adapun cara menggunakan lilin malam dalam membatik, secara garis besar dapat dibagi menjadi dua, yaitu; pertama lilin malam digunakan dalam proses pembuatan batik tulis. Dan yang kedua yaitu penggunaan lilin malam dalam proses membuat batik cap.
Untuk proses penggunaan lilin malam dalam pembuatan batik tulis, kita harus menggunakan canting tangan, baik canting tangan konvensional atau canting tangan elektrik yang dalam beberapa tahun ke belakang kian dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya mereka yang memiliki concern ke dunia produksi batik tulis. Penggunaan lilin malam dalam proses membatik tulis ini yaitu dengan kita taruhkan pada wajan kecil, lalu wajan tersebut kita panaskan dengan menggunakan kompor kecil. Barulah kemudian, saat lilin malam sudah mencair, kita bisa mulai menggunakannya dengan memakai canting tadi. Kita bisa langsung membatik kain kita dengan lilin malam yang sudah mencair tersebut secara teliti dan pelan-pelan agar hasilnya maksimal.
Sedangkan dalam penggunaannya untuk batik cap, lilin malam kita taruh pada semacam wajan yang disebut dengan “Endher”, yang memiliki bentuk rata pada bagian bawah tempat di mana lilin malam diletakkan untuk dipanaskan. Endher ini mirip seperti wajan teflon tapi dengan ukuran yang lebih besar. Karenanya, kita juga akan menggunakan kompor yang juga besar atau kompor pada umumnya alias bukan kompor kecil ala batik tulis tadi. Dalam membuat batik, lilin malam merupakan salah satu komponen terpenting mengingat betapa vitalnya bahan yang satu ini dalam proses pembuatan batik, baik batik cap maupun batik tulis. Dalam selembar kain batik, kita pasti menemukan lilin malam sebagai salah satu komposisi dalam proses pembuatannya.
Menggunakan lilin malam pada saat pembatikan harus disesuaikan dengan jenis kain yang akan dibatik. Semakin halus jenis lilin malam, maka semakin halus pula jenis kain yang cocok dibatik menggunakan lilin malam tersebut. Misalkan kita ingin membuat batik tulis halus dengan kain sutera, maka kita perlu menggunakan lilin malam yang memang dibuat khusus untuk pembatikan pada kain sutera. Sedangkan apabila kita ingin membatik pada kain katun atau rayon, kita bisa menggunakan jenis lilin malam yang lebih kasar.
Lilin malam dalam proses pembuatan batik itu sendiri terbuat dari percampuran antara apa yang disebut dengan Gondho dan minyak khusus. Secara garis besar, dua bahan baku pembuatan lilin malam ini bisa disebut sebagai bahan alami karena memang bisa dihasilkan oleh tumbuhan meski harus melewati beberapa tahap.
Source http://batikmerang.blogspot.com/ http://batikmerang.blogspot.com/2017/11/cara-menggunakan-lilin-malam-dalam-batik.html
Comments
Loading...