infobatik.id

Cara Kasakan Atau Menge – Jos Kain Batik

0 20

Cara Kasakan Atau Menge – Jos Kain Batik

Cara kasakan atau menge – jos kain batik adalah proses menghilangkan sisa malam, atau malam yang tidak sengaja menetes atau meleleh ke bagian kain yang seharusnya tidak kena lilin/ malam batik. Kain bisa meleleh atau menetes ke bagian kain yang tidak seharusnya, adalah hal yang tidak disengaja tetapi sulit dihindari / dicegah untuk tidak terjadi.

Malam bergerak, mengalir dari bidang kain ke bidang kain yang lain, disebabkan karena malam yang keluar dari canting lebih banyak dari yang seharusnya. Atau malam dari canthing menetes saat mengambil malam dari wajan. Sedangkan pada proses pengecapan terjadi tetes malam saat cap digunakan untuk mengambil lilin batik, terutama cap – cap yang memiliki motif blok/ jemblekan yang besar dan banyak membawa lilin, misal cap Tutup Klir (TK) atau cap tembokan / drik.

Urutan cara kasakan atau menge – jos kain batik adalah:

  1. Panaskan alat nge – jos atau kasakan, berupa besi panjang 30 cm, diameter minimal 0,5 cm, yang ujungnya ditekuk membentuk melingkar kecil.
  2. Basahi kain di sekitar malam / lilin batik yang ingin dihilangkan lilin / malam batiknya dengan air / air sabun.
  3. Ambil besi panas dan tempelkan besi panas ke malam yang ingin dihilangkan sampai malam meleleh, sambil malam yang meleleh dihilangkan dengan tangan dan memberi air. Jika belum seluruh malam batik hilang, panasi besinya lalu ulangi prosesnya lagi.
  4. Jika malam batik sudah hilang dari permukaan kain, harus diulang dari sebaliknya kain karena bisa jadi malam dari permukaan kain sudah bersih sedangkan dari sebaliknya belum bersih.

Source http://parangboket.blogspot.co.id/ http://parangboket.blogspot.co.id/2017/11/cara-kasakan-atau-menge-jos-kain-batik.html
Comments
Loading...