Canting Tulis Berdasarkan Ukuran Cucuknya

0 395

Canting Tulis Berdasarkan Ukuran Cucuknya

Canting, mungkin banyak yang belum familiar dengan istilah ini jika tidak mengikuti dan berkecimpung dengan dunia batik. Macam-macam canting batik diciptakan karena fungsinya yang berbeda-beda. Namun berdasarkan prosesnya, canting batik terdiri dari dua macam, yang pertama canting tulis dan yang kedua adalah canting cap.

Canting Tulis

Dari namanya canting tulis digunakan untuk proses pembuatan batik tulis. Dari proses batik tulis (teknik batik canting), cantingnya pun beragam jenisnya dibedakan berdasarkan fungsinya, ukuran cucuknya dan jumlah cucuknya.

Canting Tulis Berdasarkan Ukuran Cucuknya

Canting Cecek (Cucuk Kecil)

Canting dengan ukuran cucuk kecil berfungsi untuk mengisi (isen) pola batik yang sudah dibuat, ini artinya canting cecek sama dengan canting isen.

Canting Klowong (Cucuk Sedang)

Canting klowong yaitu canting yang digunakan untuk membuat pola utama atau dasar pada batik tulis, dan artinya canting klowong sama dengan canting rengreng.

Canting Tembokan (Cucuk Besar)

Sementara untuk canting tembokan merupakan canting yang digunakan untuk membuat pola dengan ukuran lebih besar dari canting klowong. Selain itu sebagai pembeda antara pola utama dan tambahan. Akan tetapi penggunaan canting tembokan tidak selalu digunakan pada setiap motif, sebab prosesnya akan jadi lebih lama.

Source https://motifbatiks.blogspot.com/ https://motifbatiks.blogspot.com/2018/09/canting-batik.html
Comments
Loading...