Canting Tulis Berdasarkan Jumlah Cucuknya

0 164

Canting Tulis Berdasarkan Jumlah Cucuknya

Canting, mungkin banyak yang belum familiar dengan istilah ini jika tidak mengikuti dan berkecimpung dengan dunia batik. Macam-macam canting batik diciptakan karena fungsinya yang berbeda-beda. Namun berdasarkan prosesnya, canting batik terdiri dari dua macam, yang pertama canting tulis dan yang kedua adalah canting cap.

Canting Tulis

Dari namanya canting tulis digunakan untuk proses pembuatan batik tulis. Dari proses batik tulis (teknik batik canting), cantingnya pun beragam jenisnya dibedakan berdasarkan fungsinya, ukuran cucuknya dan jumlah cucuknya.

Canting Tulis Berdasarkan Jumlah Cucuknya

Canting Cecekan

Canting cecekan merupakan canting isen, tentu saja fungsinya untuk memberi isian pada pola batik. Isen bisa berbentuk titik-titik maupun ukel.

Canting Loron

Canting loron adalah canting dengan dua cucuk dengan posisi cucuk atas dan bawah. Pemberian nama loron berasal dari bahasa jawa loro, artinya dua. Fungsi dari canting dengan double cucuk ini untuk membuat dua garis yang sejajar sebagai batasan pada motif-motif tertentu.

Canting Telon

Masih dari bahasa jawa, telon yang berarti tiga mempunyai maksud bahwa canting telon memiliki jumlah cucuk tiga buah. Dan fungsi dari canting telon yaitu untuk membuat isen yang biasanya berpola segitiga.

Canting Prapatan

Canting prapatan masih lanjutan dari canting sebelumnya yang berjumlah tiga yaitu canting dengan jumlah cucuk sebanyak empat buah. Fungsinya sebagai isen dengan model pola segiempat.

Canting Liman

Lanjut lagi ke canting liman dengan jumlah cucuk ada lima buah. Posisinya satu cucuk berada ditengah sebagai pusatnya dan empat cucuk lainnya mengelilingi pusat, jadi canting liman berbentuk lingkaran.

Canting Byok

Canting Byok merupakan jenis canting berikutnya, canting ini mempunyai jumlah cucuk tujuh atau lebih. Biasanya berjumlah cucuk ganjil. Canting Galaran Sementara untuk canting galaran mempunyai jumlah cucuk empat atau lebih, biasanya berjumlah genap. 

Source https://motifbatiks.blogspot.com/ https://motifbatiks.blogspot.com/2018/09/canting-batik.html
Comments
Loading...