Canting Tulis Berdasarkan Fungsinyal

0 189

Canting Tulis Berdasarkan Fungsinyal

Canting, mungkin banyak yang belum familiar dengan istilah ini jika tidak mengikuti dan berkecimpung dengan dunia batik. Macam-macam canting batik diciptakan karena fungsinya yang berbeda-beda. Namun berdasarkan prosesnya, canting batik terdiri dari dua macam, yang pertama canting tulis dan yang kedua adalah canting cap.

Canting Tulis

Dari namanya canting tulis digunakan untuk proses pembuatan batik tulis. Dari proses batik tulis (teknik batik canting), cantingnya pun beragam jenisnya dibedakan berdasarkan fungsinya, ukuran cucuknya dan jumlah cucuknya.

Canting Tulis Berdasarkan Fungsinya

Canting Rengreng

Sesuai dengan namanya, rengreng adalah istilah yang biasa digunakan untuk proses dasar membuat pola. Ciri-ciri canting ini yaitu bercucuk tunggal dengan ukuran sedang berdiameter 1-2,5 mm.

Canting Isen

Canting isen berfungsi untuk memberi isian pada pola utama motif batik. Karena fungsinya tersebut, canting isen punya banyak model pada cucuknya sesuai dengan motif yang sedang dikerjakan. Namun jumlah cucuknya masih tunggal dengan diameter lebih kecil dari canting rengreng yaitu berukuran 0,5-1,5 mm.

Source https://motifbatiks.blogspot.com/ https://motifbatiks.blogspot.com/2018/09/canting-batik.html
Comments
Loading...