Cantiknya Kombinasi Batik Celup dan Batik Tulis

0 11

Cantiknya Kombinasi Batik Celup dan Batik Tulis

Kombinasi dua motif batik, yakni celup dan tulis tengah diminati saat ini. Tampilannya yang unik membuat varian batik klasik itu kian beragam. Ninuk Yulia, misalnya. Pengunjung ITC Surabaya Mega Grosir tersebut sedang melihat beragam batik yang tersaji di pusat perbelanjaan itu kemarin (28/8).

Salah satunya, kombinasi batik celup dan batik tulis. Menurut dia, ada kesan etnik yang muncul dari batik tersebut. Tampilannya tidak pasaran, terlihat elegan. Andi Oesman, owner NIQ’S Batiks & Crafts, mengakui, seiring dengan perkembangan zaman, motif dan corak batik tidak lagi monoton. Akhir-akhir ini, peminat kombinasi batik celup dan batik tulis cukup tinggi.

Hal itu terjadi karena motif batik kombinasi memang terlihat berbeda dari batik-batik umumnya. Sebab, pembuatannya melalui dua proses utama. Membuat batik celup terlebih dulu, kemudian batik tulis. Dalam pembuatan batik celup, ujar dia, hasilnya bisa berbeda antara satu batik dan batik lainnya. Hasil celupannya tidak sama, kalau mirip-mirip ada. Hasil yang berbeda-beda itu memberi kesan eksklusif sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Setelah diberi motif celup, batik dikombinasi dengan batik tulis. Misalnya, ditambahkan motif parang, sidoluhur, sekar jagad, dan sebagainya. Perpaduan batik tulis dan celup ini memberi keunikan tersendiri. Hasilnya menjadi motif yang lain dan berbeda.

Source https://www.jpnn.com/ https://www.jpnn.com/news/cantiknya-kombinasi-batik-celup-dan-batik-tulis
Comments
Loading...