infobatik.id

Cantiknya Batik Khas Majapahit

0 58

Cantiknya Batik Khas Majapahit, Bermotif Surya, Gapura dan Buah Maja

Sejak dalam prasasti Madawapura sebelum abad ke 16, juga disebutkan tentang kesibukan masyarakat di zaman itu telah memproduksi kain (abhasan) serta pebuatan pewarna kain (amaranggi). Saat ini produksi batik di Mojokerto yang notabene merupakan bekas Ibu Kota Kerajaan Majapahit masih berjalan. Bahkan cenderung mengalami peningkatan. Seperti yang dilakukan puluhan warga di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini.

Batik Majapahit memiliki banyak corak dan motif. Selain Surya Majapahit, yang notabene simbol kerajaan Majapahit, ada Motif Buah Maja. Konon, buah Maja inilah yang membuat raja pertama kerajaan hindu terbesar di Asia Tenggara ini, Raden Wijaya, memberi nama wilayah tersebut Majapahit. Ada beberapa macam motif batik Majapahit, seperti Sulur Mojo, Gapura, dan lain-lain. Karena setiap pengrajin biasanya memiliki kembangan motif tersendiri. Namun, yang menjadi dasar adalah Surya Majapahit dan Buah Maja.

Ibu Sri sudah bertahun-tahun menjadi perajin batik yang ada di Mojokerto. Bakat membatik yang dimilikinya ternyata turun-temurun dari neneknya. Dulu, nenek Sri merupakan seorang pembatik rumahan yang biasa menyetorkan hasil karyanya kepada seorang pengusaha etnis Tionghoa di wilayah Kota Mojokerto. keberadaan Batik Majapahit kembali terpuruk. Minimnya perhatian dari pemerintah daerah, membuat para perajin batik kembali beralih pekerjaan. Rata-rata mereka lebih memilih menjadi buruh pabrik atau home industri lantaran penghasilnnya yang lebih jelas.

Nyaris punahnya perajin batik Majapahit di Kabupaten Mojokerto ini, diamini Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Mojokerto Yoko Priyono. Ia pun tak menampik jika beberapa waktu belakangan ini, banyak pembatik yang beralih pekerjaan menjadi buruh pabrik. Sekarang ini di Kabupaten Mojokerto, sedikitnya sudah ada seratusan warga yang kembali memilih menjadi perajin batik Majapahit. Mereka pun terus berupaya untuk membuat pengembangan-pengembangan, terkait dengan Motif Batik Majapahit. Bahkan, para wisatawan dari luar jawa, seperti Bali, Kalimantan, dan Sumatra, juga sudah mulai tertarik dan memesan batik bercorak Majapahitan ini.

Source https://lifestyle.okezone.com/ https://lifestyle.okezone.com/read/2017/09/13/194/1774980/cantiknya-batik-khas-majapahit-bermotif-surya-gapura-dan-buah-maja
Comments
Loading...