Butuh Terobosan untuk Promosikan Batik Banyumas

0 50

Butuh Terobosan untuk Promosikan Batik Banyumas

Pengamat Budaya yang berasal dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Bambang Widodo, mengatakan pemerintah daerah perlu terus membuat terobosan guna dapat mempromosikan batik lokal khas dari Kabupaten Banyumas.

Batik Banyumas sangat potensial, hanya saja perlu lebih banyak melakukan terobosan dalam mempromosikannya. Terobosan itu misalnya mendorong pelaku pariwisata untuk mengenakan batik lokal Banyumas ketika sedang terjadi lonjakan wisatawan. Misalkan membatik secara massal tetapi si pembatik mengenakan busana kebaya dengan rambut disanggul, momentum liburan akhir tahun, karyawan hotel, pengelola objek wisata dan lain sebagainya bisa didorong untuk mengenakan Batik Banyumas sebagai ajang promosi.

Bahkan momentum tersebut bisa dimanfaatkan untuk menggelar peragaan busana batik. Di hotel berbintang yang punya ruangan besar bisa digelar peragaan busana batik Banyumasan. Selain itu, pemerintah daerah bisa mengajak perajin batik untuk membuka kios di seputar objek wisata. Atau bisa buka kios dadakan di objek wisata dan juga di hotel-hotel yang biasanya padat hunian menjelang penutup tahun. Batik Banyumas memiliki karakter, motif dan pewarnaan yang kuat dan bernilai estetik. Dengan karakter yang kuat ini sebenarnya Batik Banyumas mampu bersaing di pasaran.

Source https://jateng.antaranews.com/ https://jateng.antaranews.com/detail/butuh-terobosan-untuk-promosikan-batik-banyumas.html
Comments
Loading...