Bupati Sukabumi Resmikan Rumah Batik Pakidulan

0 224

Bupati Sukabumi Resmikan Rumah Batik Pakidulan

Bupati Sukabumi Sukmawijaya meresmikan Rumah Batik Pakidulan di Kampung Cikaret, Desa Purwaedar, Kecamatan Ciracap.  Kehadiran Rumah Batik Pakidulan tersebut berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bio Farma. Tak hanya itu, perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan obat-obatan, juga lakukan pengobatan gratis bagi warga sekitar. Dengan keberadaan Rumah Batik Pakidulan tersebut, diharapkan sentra kerajinan batik lokal khususnya binaan PT Bio farma semakin mampu bersaing.

Batik asal Kabupaten Sukabumi mampu menembus pasar domestik apabila dikelola dengan baik. Corak batik Kabupaten Sukabumi, tambah dia, memiliki keungulan dibandingkan batik lainnya. Batik Pakidulan merupakan produk batik ramah lingkungan, karya mitra binaan CSR Bio Farma yang telah menerapkan green process, pewarna ramah lingkungan dengan Teknologi Nano serta memiliki 3 motif andalan. Ketiga motif itu, tambah dia, memiliki arti masing-masing. Motif Curug misalnya, menggambarkan ekspres keprihatinan jika terjadi pencemaran lingkungan di air terjun pada kawasan Geopark Ciletuh. Motif Panenjoan yang merupakan ekspresi artistik pemandangan eksotis, amphitheatre raksasa di kawasan geologi purba di Geopark Ciletuh, serta Motif Hujungan yang merupakan ekspresi pulau – pulau kecil yang ada di Hujungan, pemandangan batuan geologi Jampang purba yang berusia 65 juta tahun di kawasan Geopark Ciletuh.

Bupati berharap, batik pakidulan kedepannya dapat turut serta mewarnai dan melengkapi koleksi batik Indonesia, apalagi dengan keunggulan dan pendaftaran produk hak cipta, sehingga hasil karya nya mendapat apresiasi dan mendapat perlindungan.

Source http://www.neraca.co.id/ http://www.neraca.co.id/article/56961/bupati-sukabumi-resmikan-rumah-batik-pakidulan
Comments
Loading...