Bupati Rembang Gagas Pertukaran Motif Batik

0 321

Bupati Rembang Gagas Pertukaran Motif Batik

Bupati Rembang Moch Salim menggagas pertukaran motif batik antara Motif Batik Lasem dengan Motif Batik Pekalongan untuk pengembangan motif batik di kedua sentra batik di Jawa Tengah tersebut. Hal itu disampikan Moch Salim pada saat mendampingi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Rembang melakukan studi banding ke Dekranasda Kota Pekalongan Balgies Diab di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, kemarin

Batik Lasem dan Batik Pekalongan mempunyai kesamaan, yakni sama – sama jenis batik pesisiran. Dengan pertemuan ini, berharap ada sinergi antara kedua pihak. Ke depan jika dimungkinkan ada pertukaran motif batik antara Motif Batik Pekalongan dengan Motif Batik Lasem. Moch Salim mengatakan, pertukaran motif batik tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan motif batik di kedua sentra batik tersebut, yang nantinya bermuara pada pengembangan industri batik di Kota Pekalongan dan Kabupaten Rembang. “Motif batik yang dikembangkan di Lasem nantinya bisa ditukarkan dengan motif batik Kota Pekalongan,” sambungnya.

Sementara itu, Walikota mengatakan, untuk mengembangkan industri batik diperlukan kreativitas – kreativitas agar nilai jual batik lebih maksimal. Menurut dia, agar batik menjadi lokomotif/penggerak ekonomi masyarakat, harus dilengkapi unsur – unsur penunjangnya. Dikhawatirkan, transfer ilmu ke generasi berikutnya akan terputus jika generasi sebelumnya meninggal dunia.

Dengan penggabungan batik dan unsur pendidikan itu, lanjut dia, Batik Kota Pekalongan tetap eksis hingga saat ini dan menjadi lokomotif penggerak ekonomi masyarakat Kota Pekalongan. Sementara itu, Balgies Diab mendorong Pemkab Rembang untuk mengembangkan kampung – kampung batik di Kabupaten Rembang.

Source https://pekalongankota.go.id/beranda https://pekalongankota.go.id/berita/bupati-rembang-gagas-pertukaran-motif-batik
Comments
Loading...