Bupati Gunungkidul Canangkan Satu Desa Satu Motif Batik

0 134

Bupati Gunungkidul Canangkan Satu Desa Satu Motif Batik

Perkembangan dunia batik yang ada di Indonesia masih sangat menjanjikan untuk mendukung perkembangan industri batik di daerah Gunungkidul, Bupati Gunungkidul Badingah mewacanakan setiap desa memiliki satu motif batik.  Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, booming pariwisata harus memberikan multi player effect bagi masyarakat. Salah satunya pengembangan usaha batik ditengah tingginya kunjungan wisatawan di Gunungkidul. Dalam sambutan penutupan pelatihan Bupati Gunungkidul di Balai Desa Siraman Wonosari, Badingah menyebutkan, nantinya kerajinan batik akan menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sehingga setiap desa harapanya mempunyai motif batik yang dapat dipasarkan untuk membantu mengentaskan kemiskinan. “Harapan saya itu setiap desa mempunyai satu motif batik dan ternyata ada fasilitas dari balai besar untuk pelatihan kepada masyarakat untuk bisa mengembangkan kreatifitas dan kemampuannya,” terang Badingah.

Antusiasme masyarkat Gunungkidul dalam menekuni kerajinan batik saat ini masih sangat tinggi. Untuk memberikan pemahaman membatik, pihaknya telah bekerjasama dengan balai besar pelatihan masyarakat desa  Yogyakarta untuk memberikan pelatihan khussnya batik. Badingah berharap, booming pariwisata Gunungkidul menjadi motivasi setiap desa untuk mengembangkan potensi yang ada sehingga saat berbicara mengenai pariwisata tidak hanya keindahan laut yang ditampilkan, tapi juga kerajinan hasil kreatifitas masyarakat yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Sementara Kepala Seksi Pelatihan Masyarakat Desa Balai Besar Pelatihan masyarakat Desa Yogyakarta, Kuswanto menerangkan, di Daerah Istimewa Yogyakarta batik masih menjadi usaha yang dinamis dan terus berkembang. Dengan pelatihan yang diberikan pihaknya berharap, industri batik di Gunungkidul mampu memenuhi permintaan pasar.

Source http://rri.co.id/yogyakarta/home.html http://rri.co.id/yogyakarta/post/berita/349539/ekonomi/bupati_gunungkidul_canangkan_satu_desa_satu_motif_batik.html
Comments
Loading...