Bupati dan Istri Meriahkan Fashion Show Batik Blora 2018

0 17

Bupati dan Istri Meriahkan Fashion Show Batik Blora 2018

Guna nguri-nguri batik khas Blora, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnada) setempat menyelenggarakan ‘Fashion Show Batik Blora 2018’. Ada 164 peserta yang mengkuti acara yang berlangsung di Alun-alun Blora, Minggu (28/10/2018). Terdiri diri 30 peserta anak-anak, 24 peserta remaja, 44 peserta umum, karyawan dan karyawati OPD 35 pasangan, dan Kepala OPD sebanyak 29 pasangan.

Menariknya, sebelum lomba dimulai, Bupati Blora Djoko Nugroho dan Ketua Dekrasnada Dra Umi Kulsum Djoko Nugroho ikut tampil memperagakan batik yang dikenakan. Bak peragawan dan peragawati, keduanya mendapat aplus para undangan, peserta dan masyarakat. “Ayo kita uri-uri dan kembangkan batik khas Blora agar lebih dikenal masyarakat luas,” ajak bupati saat membuka acara.

Ketua Dekranasda Blora Umi Kulsum Djoko Nugroho, menjelaskan, tujuan diselenggarakan fashion show batik selain memperingati Hari Batik Nasional dan Hari Pangan Sedunia tingkat Jateng, juga untuk menggali dan mengenalkan nilai-nilai budaya lokal Blora yang tercermin dalam goresan motif batik, sekaligus untuk memberdayakan kebangkitan ekonomi para perajin batik.

“Meski baru muncul delapan tahun, batik khas Blora sudah dikenal hingga keluar daerah. Melalui acara ini, harapan kita batik khas Blora lebih berkembang dan dikenal,” harapnya.

Banyak motif batik khas Blora yang selama ini dikembangkan. Antara lain motif kilang minyak, barongan, penari tayub, penjual sate, Sedulur Sikep atau Samin, daun dan alur jati, cabe, dan tunggak semi. Motif-motif tersebut mencerminkan potensi daerah Blora.

Sebagai juara I, II dan III katagori anak diraih Zena Afrilia, Keisha Aurelia dan Fionita Nur Anggita. Kategori remaja juara I, II dan III Jeisya Septya Lensi, Setya Anggun dan Nafia Hayyu. Kategori umum juara I, II dan III Wulan Sabrina, Feni Marta dan Hutomo. Kemudian kategori karyawan juara I, II dan III diraih pasangan Sri Ati Mumpuni – Kisnoto, Abdul Haris – Sri Kiswati, dan Nikmah Diana – Nur Arief Wibowo. Kategori Kepala OPD juara I pasangan Samgautama Karnajaya – Pipit,  juara II Irfan Agustiawan- Wahyu Trimulyani, dan juara III pasangan dr Nugroho Adiwarso – Ely Komaryati.

Source http://krjogja.com http://krjogja.com/web/news/read/81635/Bupati_dan_Istri_Meriahkan_Fashion_Show_Batik_Blora_2018
Comments
Loading...