Bunga Amaryllis Jadi Motif Batik Khas Pathuk Gunungkidul

0 143

Bunga Amaryllis Jadi Motif Batik Khas Pathuk Gunungkidul

Motif batik bisa tercipta dari bermacam-macam inspirasi. Kekayaan alam sekitar maupun peristiwa tertentu bisa menjadi sumber inspirasi bagi penciptaan motif batik. Motif Batik Amaryllis contohnya. Desain Motif Batik Amarylis terinspirasi dari keindahan hamparan bunga amarylis yang tumbuh subur di Kecamatan Pathuk Gunungkidul. Bunga amarylis yang biasa disebut brambang procot oleh warga Pathuk ini awalnya hanya dianggap sebagai gulma sehingga harus dilenyapkan.

Namun tak disangka keindahan bunga amarylis menjadi booming setelah viral di media sosial. Kini, bunga amarylis itupun diangkat menjadi sebuah motif batik khas kecamatan Pathuk Gunungkidul. Cinderamata dari Kecamatan Pathuk Gunungkidul kini tak hanya kerajinan topeng kayu saja. Ada satu produk lagi yang bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Pathuk Gunungkidul yaitu batik motif amarylis yang merupakan icon Kecamatan Pathuk Gunungkidul.

Pembuatan  Motif Batik Amarylis terinspirasi dari banyaknya bunga amarylis atau brambang procot yang tumbuh subur di wilayah Pathuk. Camat Pahuk, R. Haryo Ambar Suwardi, mengatakan awalnya keberadaan bunga amarylis hanya dianggap sebagai gulma oleh masyarakat petani setempat. Kemudian pada tahun 2015 bunga amaryllis menjadi booming setelah foto bunga tersebut diunggah di media sosial.

Source http://jogjatv.tv/ http://jogjatv.tv/bunga-amaryllis-jadi-motif-batik-khas-pathuk-gunungkidul/
Comments
Loading...