Budaya Dalam Batik Mojokerto

0 266

Budaya Dalam Batik Mojokerto

Dalam sejarah bangsa Indonesia Kota Mojokerto merupakan sebuah kota yang sangat istimewa. Lokasi daerah Mojokerto ini yang pernah menjadi lokasi pusat Kerajaan Majapahit membuat di lokasi ini banyak sekali ditemukan berbagai macam benda peninggalan bersejarah, baik itu yang telah ditemukan atau mungkin yang masih ada di dalam tanah terpendam. Berbagai macam bentuk peninggalan sejarah ini tersebar hampir di seluruh wilayah kota Mojokerto. Kerajaan Majapahit pada masa dahulu adalah kerajaan yang sangat besar dan pada masa itu kesenian batik juga ikut berkembang seiring dengan budaya Kerajaan Majapahit.

Seni pembuatan batik yang berasal dari kerajaan Majapahit ini masih diteruskan dan juga dipertahankan keberadaannya oleh masyarakat Mojokerto. Tetapi suatu hal yang sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah, seni batik yang di masa lalu sangat besar di daerah ini, pada masa sekarang seni batik hanya dilakukan oleh beberapa gelintir orang yang masih terus melakukan dan menjaga tradisi pembuatan batik daerah ini. Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Mojokerto ini pada umumnya menggunakan nama yang cukup unik dan cukup aneh jika didengar oleh masyarakat umum.

Batik yang berasal dari Kota Mojokerto ini telah memiliki enam jenis motif batik yang telah mendapatkan perlindungan paten yaitu Motif Batik Pring Sedapur, kemudian Motif Batik Mrico Bolong, Motif Batik Sisik Gringsing, Motif Batik Koro Renting, Motif Batik Rawan Inggek dan juga Motif Batik Matahari. Motif Batik yang dibuat oleh seniman batik kota ini selain keenam motif tersebut diatas, juga masih banyak Motif Batik lainnya. Beberapa Motif Batik khas dari kota ini adalah Motif Batik Kalangbret, yang merupakan motif batik yang memiliki batik dengan motif yang mirip dengan batik yang dibuat di daerah Jogja dengan warna dasar putih dan juga menggunakan motif yang diberi warna coklat dan biru tua. Motif Batik Kalangbret ini merupakan nama yang diambil dari nama desa yang menjadi lokasi tempat seorang Adipati meninggal karena menolak untuk mengikuti kerajaan Majapahit.

Source Budaya Dalam Batik Mojokerto Batik
Comments
Loading...