Budaya Dalam Batik Jember

0 191

Budaya Dalam Batik Jember

Pada umumnya seniman pembuat motif batik saat ini berusaha untuk dapat mengetahui dan juga mengikuti selera dari pasar baju batik itu sendiri. Hal ini juga berlaku pada seniman batik di daerah Jember. Para pembuat batik di daerah ini juga membuat batik berdasarkan apa yang saat ini menjadi selera pasar dan apa motif yang sedang digemari di pasar. Selain itu para seniman batik ini juga memperhatikan perubahan budaya lokal yang ada dan cepat menangkap perubahan tersebut untuk dijadikan sebuah motif batik yang indah. Salah satu bentuk motif yang seperti ini adalah motif batik JFC. Motif batik ini adalah motif yang mendapatkan sumber ide nya dari acara JFC yaitu Jember Fashion Carnaval. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang diadakan di kota ini setiap tahun.

Beberapa jenis motif batik yang berkembang dari motif batik ini adalah motif batik payung fantasi kemudian motif batik perahu layar, motif batik ayam bekisar, dan juga motif baju batik kereta api. Hingga saat ini motif batik yang telah berhasil diciptakan oleh seniman dan pembuat baju batik di kota Jember ini telah memiliki jumlah yang cukup banyak. Kurang lebih telah ada lebih dari lima puluh motif yang dibuat dengan berbagai macam nama dengan jenis motif batik yang unik. Para seniman batik di kota ini memiliki gagasan yang cukup baik dan sebuah konsep yang membuat para seniman batik ini terus menciptakan motif batik yang baru dan memiliki bentuk pola yang berbeda dengan motif batik sebelumnya yang telah mereka buat.

Motif batik yang dibuat oleh masyarakat Jember ini pada umumnya merupakan batik yang menggunakan banyak warna. Batik buatan masyarakat daerah ini memiliki pangsa pasar yang cukup baik dan cukup tinggi terutama untuk pasar batik yang berada di dekat wilayah mereka seperti di daerah Jember, Lumajang, Bondowoso dan juga di daerah Situbondo. Motif Batik Jember cukup mendapatkan perhatian yang cukup baik dan disukai oleh masyarakat daerah tersebut. Sementara itu baju batik dari daerah Jember ini juga ada yang menggunakan warna batik yang lembut. Motif batik dengan warna lembut ini pada umumnya merupakan jenis motif batik yang banyak ditawarkan di daerah Surabaya, Malang, kemudian kota Lampung, Bogor dan juga tentu saja di daerah Jakarta.

Source https://hushhushholic.tumblr.com/ https://hushhushholic.tumblr.com/post/132130947068/budaya-dalam-batik-jember http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...