Budaya Batik Di Tuban

0 304

Budaya Batik Di Tuban

Motif Batik Tuban menurut sejarah merupakan motif batik yang mendapatkan pengaruh dari berbagai kebudayaan bangsa, dan paling tidak ada 3 jenis budaya yang memberikan pengaruh pada pembuatan motif batik yang dibuat oleh masyarakat Tuban dari zaman dahulu hingga saat ini. Budaya tersebut memberikan andil dalam pembuatan motif batik dan saling memberikan pengaruh yang baik sehingga sampai saat ini pengaruh kebudayaan tersebut masih bertahan dalam motif baju batik yang dibuat oleh masyarakat Tuban.

Motif Batik Tuban merupakan motif batik yang mendapatkan pengaruh dari budaya Jawa, Budaya Islam dan juga budaya Cina. Ketiga kebudayaan tersebut memberikan ciri tersendiri dalam motif batik yang ada saat ini yang telah ada sejak zaman ketika kerajaan masih berkuasa di tanah Jawa. Motif batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini jika kita teliti dengan serius maka akan terlihat pengaruh dari berbagai kebudayaan tersebut dalam motif baju batik yang ada.

Kabupaten Tuban merupakan sebuah wilayah yang terletak di daerah pesisir pulau Jawa sehingga terlihat bentuk motif batik yang dibuat cenderung masuk ke dalam kelompok motif batik pesisir. Banyak masyarakat yang menyatakan bahwa motif batik daerah ini mirip dengan Cirebon. Hal ini cukup wajar karena motif batik daerah ini menggunakan warna yang cukup terang pada motif batik buatan mereka. Motif Batik Tuban ini terlihat memiliki bentuk motif yang sangat khas daerah pantai dan juga dipenuhi dengan berbagai motif yang memperlihatkan kebudayaan suku Jawa, Bangsa Cina dan juga agama Islam dalam motif batik buatan mereka.

Source Budaya Batik Di Tuban Batik
Comments
Loading...