infobatik.id

Buah Matoa Jadi Inspirasi Batik Pasuruan

0 32

Buah Matoa Jadi Inspirasi Batik Pasuruan

Kabupaten Pasuruan mengembangkan motif batik tulis baru sudah berjalan 3 tahun terakhir. Motif yang diberi nama “Sarono Raharjo” itu mengeksplorasi buah matoa yang kini banyak ditanam warga Kecamatan Sukorejo. Inspirasi motif batik tulis buah matoa datang dari program penanaman buah matoa kerja sama dengan PT Sampoerna dengan warga Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Ada sebanyak 30.000 ribu bibit buah endemik asli Papua itu yang ditanam bersama warga. Motif Sarono Raharjo kata pengrajin Batik Ferry Sugeng Santoso, mengeksplorasi buah matoa dari gambar bentuk buah dan daunnya. “Bahkan pewarna alamnya juga dari buah matoa,” kata pemilik Padepokan Alam Batik Pasuruan.

Motif Sarono Raharjo dari buah matoa melengkapi corak batik asli Pasuruan yang ada selama ini seperti corak bunga krisan, paprika dan sedap malam. “Kami sendiri sudah memproduksi ratusan kain batik corak bunga matoa dan sebagian sudah ekspor ke luar negeri,” ucapnya. Buah matoa memang masih asing di pasaran. Sebagian orang menyebut buah berasa manis, legit dan beraroma harum itu dengan sebutan kelengkeng Papua.

Source https://www.kompas.com/ https://regional.kompas.com/read/2018/03/25/22310021/buah-matoa-jadi-inspirasi-batik-pasuruan.
Comments
Loading...