Bondowoso Kembangkan Kluster Batik

0 215

Bondowoso Kembangkan Kluster Batik

Dinas Koperasi Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso membentuk sebuah kluster batik khas Bondowoso, untuk dapat memaksimalkan potensi para perajin batik lokal. Kepala Diskoperindag, Harimas mengatakan, kluster batik ini dibentuk di Kecamatan Tamanan yang merupakan sentra industri batik.

Pembentukan kluster ini sebagai langkah membantu para perajin menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015. “Kluster batik ini kita akan terus lakukan pembinaan. Apalagi di sana sumber daya manusianya memang sangat cukup. Tamanan memang banyak perajin batik, termasuk SMK dan SMP yang memiliki ekstrakulikuler membatik,” kata Harimas. Tujuan dari pembentukan kluster batik ini selain untuk meningkatkan daya saing produk batik khas Bondowoso, juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Nantinya, kluster batik yang sudah dibentuk ini juga akan dijadikan sebagai salah satu objek wisata minat khusus yang menawarkan berbagai kegiatan mulai dari proses pembuatan batik hingga layak jual. Selain itu, pembentukan kluster ini juga ditindak lanjuti oleh Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, dengan mewajibkan semua pegawai di lingkungan pemkab menggunakan batik lokal khas Bondowoso. “Jadi Bupati sudah mewajibkan semua pegawai untuk menggunakan batik Bondowoso, bukan batik dari daerah lain,” ujar Harimas. Sebagai langkah awal, kluster batik ini akan diberikan suntikan dana oleh Diskoperindag agar mampu mengemas dan mengembangkan wilayah Tamanan sebagai sentra batik khas. Namun, Harimas enggan merinci berapa anggaran untuk program ini.

Source https://media.iyaa.com/index.html https://media.iyaa.com/article/2015/02/3385843_8552.html
Comments
Loading...