Bitcoin, Mata Uang Digital yang Perlu Kita Tau Seluk-beluknya

Belakangan ini media rame bahas soal Bitcoin. Bahkan nonton Grey’s Anatomy episode 8 juga ada tragedi hacking sistem Grey Sloan Memorial Hospital yang para pelakunya minta bitcoin. Duh malah bahas film, sorry guys.. masih kebawa suasana, hehehe. Okay, saatnya cari tahu bitcoin itu apaan dan kenapa orang-orang pada rame ngomongin itu sekarang.

 

BITCOIN? ITU NAMA GAME APA MERK MAKANAN SIH?

Bitcoin (n.) a type of digital currency in which encryption techniques are used to regulate the generation of units of currency and verify the transfer of funds, operating independently of a central bank. Jadi simpelnya, bitcoin adalah uang digital yang bisa dikirim via internet dan regulasinya nggak diatur sama negara atau lembaga apapun. Bebas shay.

 

TERUS SIAPA YANG NYIPTAIN BITCOIN?

Tahun 2008, sebuah tulisan berjudul Bitcoin – A Peer to Peer Electronic Cash System di-posting sama someone called himself Satoshi Nakamoto yang identitas aslinya sampe sekarang  masih misteri. Tulisan yang terenkripsi di mailing list discussion ini bikin beberapa orang beneran berinvestasi. Tahun 2009 bitcoin available buat masyarakat luas yang transaksinya tercatet dan diverifikasi di Blockchain.

Apaan lagi siiiih pake istilah Blockchain? Ngomong pake bahasa manusia, plis. Jadi Blockchain ini buku besar yang nggak dikelola negara atau lembaga manapun guys. Baru di tahun 2010 transaksi pake bitcoin pertama dilakuin, seseorang menukar 10.000 bitcoinnya buat beli pizza. Nah kalo dia sabar nyimpen bitcoin sampe sekarang, kekayaannya bisa mencapai lebih dari $100.000!

 

EMANG APA YANG BIKIN BITCOIN JADI NGEHITS? TERUS GIMANA CARANYA NGEDAPETINNYA?

Ada asap karena ada api. Jadi tahun lalu perusahaan Initial Coin Offerings (ICOs) ngebolehin kliennya investasi pake uang dgital dan muncullah saingan bitcoin yang disebut ethereum.  Dengan uang digital ini kita bisa ngirim duit pake internet dari negara mana aja, tanpa batasan jumlah dan tanpa melalui bank atau jasa pengiriman sah.

Duit ini juga nggak bisa dibekukan, jadi yang sekarang bikin khawatir adalah, kalo bitcoin ini dipakek para kriminal dan teroris di black market tanpa bisa dicegah dan dideteksi sama pihak berwajib. Cool and scary at the same time right? Bitcoin ini bisa kita dapetin dengan cara nuker pake uang resmi atau pasang aplikasi yang disebut Bitcoin miner. Harganya mahal karena banyak yang nyari dan persediaannya terbatas. Anak IPS atau mahasiswa Ekonomi pasti nggak asing sama teori yang ini kan?

 

BITCOIN BISA DIPAKE BUAT TRANSAKSI JUAL BELI?

Laporan Fortune tanggal 7 Desember 2017, harga Bitcoin udah sampe angka $14.000. Angka yang fantastik banget kan? Dengan uang sebanyak itu, kita bisa beli apa aja kecuali cinta, eaaak. Emang ada perusahaan yang mau dibayar pake duit virtual? Jangan salah, di luar negeri udah ada beberapa perusahaan yang bikin policy kalo transaksi pake bitcoin sah, salah satu yang paling recent adalah McDonald’s yang akhir tahun 2018 kayaknya bakal ngebolehin pelanggan bayar pake bitcoin.

Selain itu Virgin Galactic sebagai perushaan spaceflight bahkan ngebolehin transaksi bitcoin buat booking penerbangan ke luar angkasa. Ada juga Expedia.com, Microsoft, Overstock.com, Zynga dan beberapa perusahaan lainnya yang juga ngebolehin kita bayar pake bitcoin seperti yang dilaporin Business Insider. However, buat di Indonesia sendiri, pihak BI ngelarang transaksi uang digital ini karena bitcoin, ethereum dan uang digital bukan alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Pihak yang bertanggung jawab masih bakal berunding soal digital money ini dan landasan hukumnya baru bisa terbit tahun depan, seperti dilansir dari CNN Indonesia. Let’s just hope apapun keputusannya, semoga bikin perekonomian negara kita semakin baik dan nyegah suburnya angka kriminalitas di dunia.

Leave a Comment