Bikin Batik Bertema Proklamasi, Rumah Batik Di Solo Gabungkan Motif Khas Daerah-daerah Di Indonesia

0 62

Bikin Batik Bertema Proklamasi, Rumah Batik Di Solo Gabungkan Motif Khas Daerah-daerah Di Indonesia

Dalam rangka menyambut HUT ke-73 RI, Batik Mahkota Laweyan di Solo, Jawa Tengah, membuat batik bertema teks Proklamasi.

Batik tersebut berupa teks Proklamasi yang dibingkai dengan motif batik dan gambar burung garuda di bagian atasnya.mBukan sembarang motif batik, Batik Mahkota Laweyan sengaja menggabungkan motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami memunculkan batik-batik ya sebisa mungkin di Nusantara ini, ada yang Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua,” kata pemilik Batik Mahkota Laweyan, Alpha Fabela Priyamono. Alpha menunjukkan motif-motif batik yang ia beri nama batik Kamardikan.

“Ini kan parang dari Jawa, ini Kalimantan, ini Palembang, itu Jakarta ada ondel-ondel,” ujar Alpha menunjukkan. Selain itu, terdapat motif lain yaitu motif mega mendung dari Jawa Barat yang diberi warna biru.

Motif khas Sumatera Barat dibuat menyerupai rumah gadang dengan atap runcing menyerupai tanduk kerbau. Ada juga motif khas Lampung berupa sigokh atau siger Lampung yang merupakan mahkota pengantin dengan sembilan ujung runcing.

Sementara motif khas Papua berupa gambar burung cendrawasih, rumah honai, dan alat musik tifa. Dengan ciri khasnya masing-masing, Alpha memadupadankan motif-motif tersebut menjadi begitu apik.

“Ya ini cara kami mengekspresikan kemerdekaan versi orang-orang batik, merekam jejak-jejak sejarah,” tutupnya.

Source http://travel.tribunnews.com http://travel.tribunnews.com/2018/08/22/bikin-batik-bertema-proklamasi-rumah-batik-di-solo-gabungkan-motif-khas-daerah-daerah-di-indonesia
Comments
Loading...