Berdiri Dua Tahun Batik Wardah Langsung Berkembang

0 192

Berdiri Dua Tahun Batik Wardah Langsung Berkembang

Batik Banjarnegara dengan pusat pembuatannya di Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon, serta Desa Panerusan Wetan Kecamatan Susukan hingga saat ini telah mengalami perkembangan positif, menyusul dengan banyaknya pesanan dari para kolektor. Maka tak ayal jika jumlah pengrajin batik yang semula hanya tinggal 22 orang pada tahun 2003 kini jumlahnya meningkat menjadi lebih dari 200 Orang.

Seiring dengan perkembangan dunia perbatikan, para perancang busana di Banjarnegara nampaknya juga memanfaatkan momen baik dengan menampilkan berbagai model busana yang cukup modis bahkan lebih gaul lagi, sehingga pakaian yang biasanya hanya dipakai oleh orang-orang dewasa dalam acara-acara resmi dan sebagai pakaian dinas bagi Pegawai Negeri Sipil kini telah merambah ke barbagai lapisan masyarakat di Banjarnegara. Triono dan Nanik Suparni dari Desa Panerusan Wetan, Kecamatan Susukan adalah suami istri yang sejak tahun 2010 ikut nguri-uri keberadaan batik tulis Gumelem, dengan maksud memperdayakan kaum perempuan yang memiliki kemampuan membatik. “Kami baru dua tahun mengembangkan batik tulis “Gumelem”, ucap Triono selaku pemilik Galeri Batik “Wardah” mengawali. Meski begitu Triono beserta istrinya Nanik Suparni, berusaha untuk bisa menampilkan batik yang bisa diterima masyarakat.

Karena itu jenis batik yang diproduksi, kecuali batik tulis murni juga ada batik cap, semi batik tulis dan batik printing. Adapun jumlah batik yang diproduksi dalam setiap bulannya mencapai sekitar 712. Terdiri dari batik tulis murni sebanyak 12 lembar, semi batik tulis sebanyak 200 lembar dan batik printing sebanyak 500 lembar.

Produksi batik sebanyak itu dikerjakan oleh 40 orang pembatik dan 2 orang tenaga pewarnaan. Dari tenaga pembatik yang ada sebagian besar adalah generasi lama dan hanya sedikit pembatik yang muda.

Source https://bagianhumasbanjarnegara.wordpress.com/ https://bagianhumasbanjarnegara.wordpress.com/2012/10/30/baru-berdiri-dua-tahun-watik-wardah-langsung-berkembanga/ 
Comments
Loading...