Berbusana Batik Atas Dasar “Cinta”

0 17

Berbusana Batik Atas Dasar “Cinta”

Sudah sembilan tahun sejak ditetapkan 2 Oktober 2009, batik menjadi hari peringatan nasional. Batik memiliki perjuangan dan perjalanan yang panjang sehingga menjadi sebuah warisan budaya. Batik kini telah diakui dunia lewat ditetapkannya badan PBB, yaitu UNESCO (United Nations Educational Scientific Cultural Organization).

Sekalipun sudah menjadi hari peringatan nasional, batik masih minim perbincangan ataupun pengadaan even yang mengatas namakan hari batik dengan lingkup dan cakupan skala nasional. Hari Batik nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia.

Memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintahan dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Sungguh batik sudah menjadi warisan dan tradisi budaya secara turun temurun. Orang tua kita zaman dahulu dan sebelumnya memiliki keyakinan yang tinggi dengan batik. Memiliki setelan batik dan bahwa mereka bangga akan batik.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/2mata_hati/5bb5112812ae947dd5008523/bangga-berbusana-batik-atas-dasar-cinta
Comments
Loading...